Selasa, 10 Januari 2017

Pemecahan masalah pada perangkat jaringan nirkabel

Materi 15. Pemecahan masalah pada perangkat jaringan nirkabel


1.Menghubungkan ke perangkat Bluetooth

·         Periksa apakah Chromebook mendukung Bluetooth

·         Menyandingkan aksesori Bluetooth

·         Memecahkan masalah Bluetooth (Support.google., 2014)


2.Pengertian Access Point dan Fungsinya

adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.

Fungsi Access Point

pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
         1.Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
         2.Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
         3.Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
         4.Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel (Wordpress, 2015)

1.                  Antena Grid
Antena grid merupakan salah satu antena wifi yg paling populer. Perangkat keluaran TPLINK ini berfungsi untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point, atu sebagai client dai RT/RW NET. 

Antena Grid 24 dBi ini didesain untuk Sistem Komunikasi menggunakan Wireless LAN. Karakteristik antena ini antara lain : High Gain, Jarak Jauh, dan F/B Ratio yang besar. (Srg, 2015)


2.            Antena Omni Directional:
Antena Omni Directional: Antena WiFi adalah ini jenis antena yang digunakan untuk Point-to-Multi-Point sistem.  Alat ini dapat berfungsi sebagai antena utama untuk mendistribusikan sinyal yang masuk, ke komputer lain atau periferal dalam jaringan kerjanya.  antena Omni directional membantu menyebarkan sinyal radio ke segala arah atau pada bidang horizontal, tetapi sangat terbatas tersebut pada bidang vertikal. (ADMIN, 2013)



3.                  Antena pico
·         Sediakan kabel LAN tipe Straigh 2 unit
·         Pasang kabel LAN dari AP ke POE dan Lan AP ke komputer/laptop
·         Set IP komputer/laptop satu jaringan dengan AP yaitu (192.168.1.xxx)
·         Buka browser dan ketikkan IP AP 192.168.1.20 (enter)
·         Isi username dan password dengan "ubnt"
·         Select Country ganti dengan Indonesia dan ceklist pernyataan bahwa kita setuju dengan pengaturan tersebut lalu click OK (Accept)
·         Maka sahabat akan di bawa kehalaman pengaturan Access Point Ubiquity PicoStation M2HP 
·         Click menu WIRELESS lalu ganti Wireless Mode dengan Access Point
·         SSID sesuaikan dengan keinginan sobat
·         Country Code "Indonesia"
·         Channel Width "20Mhz"
·         Yang lain biarkan default Lalu Click Change
·         Pindah ke Menu NETWORK
·         Network Mode pilih Router
·         Network Setting pada bagian WAN(dari LAN) set IP boleh DHCP atau Static ( kalua DHCP set Fallback IP satu jaringan dengan sumber internet (modem) atau bahasa kerennya Gateway, kalau Static set IP Gateway  dengan IP Modem/Sumber Internet)
·         Network Setting pada bagian Wireless(WLAN) set IP sebaiknya DHCP agar semua client yang conect bisa mendapatkan IP secara otomatis.
·         Lalu Click Change lagi
·         Selanjutnya pindah ke menu paling kiri yang ada logo Ubiquity hilangkan ceklist Airmax
·         Click Change lagi
·         Lalu Click Apply agar semua settingan yang kita buat tersimpan dan AP akan restart/reboot sendiri.
·         Jika semua lampu AP menyala berarti settingan sudah benar dan sobat bisa tes conect ke AP dan jangan lupa kabel yang tadi di pasang ke komputer/laptop di pindahkan ke Modem/Router/Switch atau sejenisnya yang memberikan sumber internet. (Azizah, 2014)


4.                  Perangkat wireless repeater / router 
            Wireless repeater adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang keluar dari router atau access point. Jadi jika sinyal yang keluar dari router atau access point dirasakan kurang kuat di suatu area di dalam rumah atau gedung kantor anda dikarenakan jaraknya atau banyaknya hal-hal yang mengganggu kualitas sinyal, anda bisa menggunakan wireless repeater ini untuk memperkuat sinyalnya. (KomGet, 2013)
            Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.





DAFTAR PUSTAKA

ADMIN. (2013, Oktober 13). Antena WiFi Dan Jenis Antena Wifi. Retrieved from JARINGAN KOMPUTER: http://jaringankomputer.org/antena-wifi-omni-antenadirectional/
Azizah, N. (2014, Juni 6). Access Point Ubiquity PicoStation M2HP. Retrieved from --NADIFA DIVA APRILIA--: http://nadifadiva.blogspot.co.id/2015/09/konfigurasi-pico-antenna.html
KomGet. (2013, Mei 27). Apa Itu Wireless Repeater & Apa Bedanya Dengan Wireless Range Extender ? Retrieved from KomGet: http://komget.blogspot.co.id/2013/05/apa-itu-wireless-repeater.html
Srg, I. (2015, April 7). Antena Grid. Retrieved from Berbagi.com: http://ismaelsrg4.blogspot.co.id/2012/10/antena-grid.html
Support.google. (2014, Maret 4). Menghubungkan ke perangkat Bluetooth. Retrieved from Bantuan Chromebook: https://support.google.com/chromebook/answer/2587653?hl=id
Wordpress. (2015, Desember 16). Pengertian Access Point dan Fungsinya. Retrieved from Wordpress Mode: http://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html


Biodata
Nur Hanifah Yuliyani
XII TKJ 2
SMK ISLAM 1 BLITAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar