Kamis, 19 Januari 2017

MODUL TROUBLESHOOTING JARINGAN XII TKJ

MODUL
TROUBLESHOOTING JARINGAN
XII TKJ













Disusun Oleh:
Nur Hanifah Yuliyani

Pembimbing
Abdullah Umar, S.Kom




Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
SMK Islam 1 Blitar
2016 / 2017



COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
1.      Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN
2.      Pemecahan Masalah Data Link Layer LAN
3.      Pemesahan Masalah Lapisan Network LAN
4.      Pemecahan Masalah Lapisan Transportasi Jaringan LAN
5.      Pemecahan Masalah Lapisan Sesi Jaringan LAN
6.      Pemecahan Masalah Lapisan Presentasi Jaringan LAN
7.      Pemecahan Masalah Lapisan  Aplikasi Jaringan LAN
8.      Pemecahan Masalah Lapisan Fisik Jaringan WAN
9.      Pemecahan Masalah Lapisan Data Link Jaringan WAN
10.  Studi Kasus Troubleshooting Jaringan
11.  Troubleshooting Lapisan Transportasi Jaringan WAN
12.  Troubleshooting Lapisan Sesi Jaringan WAN
13.  Troubleshooting Lapisan Presentasi Jaringan WAN
14.  Troubleshooting Lapisan Aplikasi Jaringan WAN
15.  Pemecahan Masalah Pada Perangkat Jaringan Nirkabel
16.  Pemecahan Masalah Layanan Web Server
17.  Pemecahan Masalah Layanan Mail Server
18.  Pemecahan Masalah Layanan FTP Server
19.  Pemecahan Masalah Layanan File Server
20.  Pemecahan masalah layanan DNS server
21.  Pemecahan Masalah Layanan DHCP Server
22.  Pemecahan Masalah Layanan NTP Server
DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP








KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan modul Troubleshooting Jaringan Kelas XII TKJ.

Modul ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan modul ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan modul ini.
   
Modul Troubleshooting Jaringan ini merupakan kumpulan artikel Troubleshooting Jaringan  yang telah kami susun sebelumnya. Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki modul ini.
   
Akhir kata kami berharap semoga modul tentang Troubleshooting Jaringan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
   
Blitar,  18 Januari 2017
   

                                                                                                            Penyusun
Nur Hanifah Yuliyani
BAB 1
 Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN
Cara Mengatasi Flashdisk (USB) Tidak Terbaca Komputer
Ini adalah masalah biasa yang sering dijumpai bagi pemilik flashdisk. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, kenapa flashdisk tidak bisa terbaca:
1.Flashdisk rusak secara fisik
2.Kemungkinan ada masalah pada driver USB
3.Port USB rusak (Port = tempatnyolok USB)
4. Setinggan bios, Windows bermasalah (Adhyaksa, 2012)
Cara Memperbaiki USB Flashdisk/Modem Tidak Terdeteksi/Terbaca Oleh Komputer/Laptop dibawah ini yang sudah saya lengkapi tutorialnya :. (Netipli, 2014)

Cara 1 :
- Niat, karena ini adalah elemen yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan anda.
- Semangat dan berfikir positif, tanpa ada pemikiran tersebut tujuan anda tidak mungkin terlaksana.
- Tancapkan modem andapada Slot USB
- Klik kanan padaMy computer yang ada pada menu dekstop.
- Klik manage > Device Manager > Modem ( tampilkan kebawah ) >Klik kanan pada Modem Device anda> Update Driver Software > Browser My computer for Driver Software > Browse... > Local Disk > Program Files >Carinama Modem anda ( Buka ) > Drivers >Pilih folder Xp/WIN7.
- Klik NEXT, Untuk memulai penginstalan driver.
- Setelah proses penginstalan selesai lepas modem anda lalu pasangkan lagi modem tersebut pada slot USB
- Selesai, uji Modem anda... (Art, 2016)



BAB 2
 Pemecahan Masalah Data Link Layer LAN
Lapisan data-link (data link layer) adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik. Lapisan ini merupakan lapisan yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal. MAC address juga diimplementasikan di dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti Network Interface Card (NIC), switch layer 2 serta bridge jaringan juga beroperasi di sini. (kar)

 

Deteksi dan koreksi kesalahan

Ada dua pendekatan untuk deteksi kesalahan :
1. Forward Error Control
Dimana setiap karakter yang ditransmisikan atau frame berisi informasi tambahan (redundant) sehingga bila penerima tidak hanya dapat mendeteksi dimana error terjadi, tetapi juga menjelaskan dimana aliran bit yang diterima error.
2. Feedback (backward) Error Control
Dimana setiap karakter atau frame memilki informasi yang cukup untuk memperbolehkan penerima mendeteksi bila menemukan kesalahan tetapi tidak lokasinya. Sebuah transmisi kontro digunakan untuk meminta pengiriman ulang, menyalin informasi yang dikirimkan. (wandi, 2009)

IEEE Lapisan Mac 48-bit Adressing
MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan dalam model layer OSI , yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

MAC address memang harus unik, dan untuk itulah,
Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam MAC Address.

IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.

Cara mengecek mac address di windows 7
1.  ketik di keyboard lambang windows dan R secara bersamaan 
2.  ketikan cmd pada run
3.  ketik ipconfig  /all
4.  lihat di ethernet adapter local area connection, lihat lah di physical address. Itulah mas addressnya (wahyuni, 2015)

Transparan bridging , switching operasi dan pemecahan masalah
Ciri khusus dari jaringan itu adalah menggunakan protokol yang sama. Manfaat adanya bridge juga meningkatkan kinerja jaringan karena dapat mengatur trafik jaringan dalam segmen yang kecil. Dibandingkan dengan router bridge mempunyai kecepatan yang lebih tinggi.
Beberapa jenis bridge telah membuktikan pentingnya perangkat ini di dalam jaringan. Transparent bridging ditemukan pertama kali di dalam lingkungan Ethernet dan source-route bridging dalam lingkungan Token Ring. Translational bridging menyediakan penerjemahan antara format dan transmisi antar lingkungan yang berbeda (umumnya antara Ethernet dan Token Ring). Terakhirsource-route transparent bridging mengkombinasikan algoritma dari transparent bridging dan source-route bridging untuk memudahkan bridging dalam lingkungan campuran Ethernet dan Token Ring.
Saat ini teknologi switch menjadi solusi tambahan dan komplemen, bahkan pengganti lingkungan bridging. Implementasi switch sekarang telah mendominasi dibandingkan dengan penggunaan bridge. Teknologi switch memberikan kinerja throughput yang superior, kepadatan port yang lebih tinggi, biaya yang rendah per port dan fleksibilitas yang lebih tinggi, selain itu teknologi switch memberikan suatu solusi komplemen di dalam teknologi routing (mayori)

Switch sebagai multi port jembatan
Pengalih jaringan (atau switch) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC).

Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau penghala pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge). (yuniarti, 02 Desember 2014)



BAB 3
Pemesahan Masalah Lapisan Network LAN
Pengenalan Router
Pengertian Router
adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi Protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya.
Jenis – Jenis Router
  Router aplikasi – router jenis ini adalah sebuah aplikasi yang bisa anda instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi computer tersebut dapat bekerja seperti router, misalnya aplikasi WinGate, , WinProxy  Winroute, SpyGate dll.
  Router Hardware adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.
  Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card  sudah bisa digunakan sebagai router PC. Komputer yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang populer untuk router PC saat ini adalah Mikrotik.

Fungsi- Fungsi Router
Fungsi Router – fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa  jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.
·         Fungsi Router – Router juga berfungsi untuk menstran misikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya seperti BRIDGE.
·         Fungsi Router – Router juga berfungsi untuk menhubungkan jaringa lokal kesebuah koneksi DSL biasa juga disebut DSL router. Router ini umumnya memilki fungsi firewal untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber serta alamat tujuan paket tersebut, namun tidak semua router memiliki fungsi yang sama. Router yang memiliki fitur penapisan paket dapat juga disebut sebagai packet – filtering router. Fungsi umum router ini memblokir lalulintas data yang dipancarkan secara broad cast sehingga dapat mencegah adanya broad cast storm yang bisa menyebabkan kinerja jaringan melambat. (Somba, 2014)

Lapisan-Lapisan Protokol

Protokol merupakan sebuah rule, prosedur dan pengaturan sejumlah operasi peralatan komunikasi data, dalam komunikasi data, aturan-aturan meliputi cara membuka hubungan, mengirim paket data, menginformasi jumlah data yang diterima, dan meneruskan pengiriman data.
Secara umum lapisan protokol dalam jaringan dapat dibagi menjadi atas tujuh
lapisan/layer. Lapisan ini biasa juga disebut sebagai lapisan model OSI:
·         Application Layer : menyediakan layanan untuk aplikasi misalnya transfer file, email, akses suatu komputer atau layanan.
·         Presentation Layer : bertanggung jawab untuk menyandikan informasi. Lapisan ini membuat dua host dapat berkomunikasi.
·         Session Layer : membuat sesi untuk proses dan mengakhiri sesi tersebut. Contohnya jika ada login secara interaktif maka sesi dimulai dan kemudian jika ada permintaan log off maka sesi berakhir.
·         Transport Layer : lapisan ini mengatur pengiriman pesan dari hos-host di jaringan. Pertama data dibagi-bagi menjadi paket-paket sebelum pengiriman dan kemudian penerima akan menggabungkan paket-paket tersebut menjadi data utuh kembali.
·         Network Layer : lapisan bertanggung jawab untuk menerjemahkan alamat logis jaringan ke alamat fisik jaringan
·         Data Link Layer :lapisan data link mengendalikan kesalahan antara dua komputer yang berkomunikasi lewat lapisan physical.
·         Physical Layer : lapisan physical mengatur pengiriman data berupa bit lewat kabel.. (Blog, 2010)

Cara Kerja Bridge, NAT Dan Router
Bridge : Berfungsi menghubungkan dua buah LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satu LAN yang jauh lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa Bridge.
Cara Kerja:
·         Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node atau titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan hanya memperbolehkan lalulintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak, dan jika segmennya berbeda, paket paket diteruskan ke segmen tujuan.
·         Bridge bekerja pada lapisan physical layer dan data link layer, sehingga akan mempengaruhi unjuk kerja LAN bila sering terjadi komunikasi sistem yang berada di LAN yang berbeda yang terhubung oleh Bridge.
Router 
Cara kerja:
Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router merupakan penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringan dilakukan dengan menggunakan protocol tertentu. Router pada dasarnya merupakan piranti pembagi jaringan secara logical bukan fisikal.
·                       Router dapat memilih jalan alternatif yang terbaik (rute terbaik untuk transportasi data.), bila memang ada beberapa jalan untuk mencapai tujuan atau bila salah satu jalan ke tempat tujuan terputus karena sesuatu hal.
Router bekerja pada lapisan physical, data link dan network layer, sehingga tidak dapat digunakan sembarangan. (Admin, 2010)
Cara Kerja (NAT)
Pada jaringan komputer, proses Network Address Translation (NAT) adalah proses penulisan ulang (masquerade) pada alamat IP asal (source) dan/atau alamat IP tujuan (destination), setelah melalui router atau firewall. NAT digunakan pada jaringan dengan workstation yang menggunakan IP Private supaya dapat terkoneksi ke Internet dengan menggunakan satu atau lebih IP Public.
ICMP (Internet Control Message Protocol)
adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan / paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya (TCP/UDP). (Setiawan, 2011)
Cara Melakukan traceroute
Traceroute  / tracert ( pada windows )  berguna untuk  menganalisa jaringan internet  yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.
Cara Melakukan Traceroute :
1.      Klik Start –> Run
2.      Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
3.      Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda
(base, 2010)


BAB 4
 Pemecahan Masalah Lapisan Transportasi Jaringan LAN
Pengertian
UDP (User Datagram Protocol), yaitu suatu protokol yang berada pada lapisan transpor TCP/IP yang bekerja pada lapisan antar host untuk membuat komunikasi yang bersifat connectionless. Hal ini berarti suatu paket yang dikirim melalui jaringan dan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi. Sehingga dalam perjalanan ke tujuan paket dapat hilang karena tidak ada koneksi langsung antara kedua host, jadi UDP sifatnya tidak realibel.
Cara Kerja UDP
§  Paket berisi port client dan port sumber berbentuk file text dikirimkan ke server dalam UDP header
§  Paket berisi port client dan port sumber berbentuk file audio dikirimkan ke server dalam UDP header
§  UDP tujuan membaca nomor port tujuan dan memproses data
§  Paket asli memiliki port tujuan sehingga server dapat mengirimkan data kembali ke ftfp client
§  Untuk point 3 dan 4 berulang lagi saat server menerima file audio dari client
§  Saat aplikasi yang ingin mengirim data, UDP tidak akan mem-buffer atau mem-fragmen data.
§  Karena UDP tidak mem-fragmen data, jika data yang lebih besar dari MTU, lapisan IP yang harus mem-fragmen nya  

Karakteristik UDP
UDP memiliki karakteristik-karakteristik berikut: 
§  Connectionless (tanpa koneksi), pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa harus dilakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yang hendak bertukar informasi.
§  Unreliable (tidak andal), pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan acknowledgment. Protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP harus melakukan   pemulihan   terhadap   pesan-pesan   yang   hilang   selama   transmisi. Umumnya, protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP mengimplementasikan layanan keandalan mereka masing-masing, atau mengirim pesan secara periodik atau dengan menggunakan waktu yang telah didefinisikan.
§  UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Header UDP berisi field Source Process Identification dan Destination Process Identification
Kelebihan UDP
  • Dapat melakukan pesan broadcast ( karena memang dalam UDP tidak membutuhkan handshaking ) jadi asal kirim aja keseluruhan
  • Lebih cepat koneksinya karena tidak harus bernegosiasi ( handshaking neh) dan juga tidak berurutan kan pengirimannya
  • Hemat Memori, karena ya gak ribet gak harus memecah data dulu, bikin acknowledge dll.
Kekurangan UDP
  • Tidak bisa mengirim data yang besar, soalnya UDP ini kan gak bisa mecah-mecah jadi ya yang dikirim gak boleh lebih dari kapasitas transfernya jaringannya.
  • Tidak mendukung buffering
  • Tidak menyediakan mekanisme flow control. (R, 2015)

Transmission Control Protocol (TCP) adalah salah satu jenis protokol yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu network (jaringan). TCP merupakan suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). (Kurniawan, 2016)

Kelebihan TCP
  • Mendukung mekanisme flow control
  • Dapat memecah data menjadi lebih kecil dan menyusunnya kembali ( maklum di TCP ada mekanisme      urutannya )
  • Koneksinya Reliable karena sebelumnya dia melakukan handshaking dulu
Kekurangan TCP
  • Jika mengirimkan data yang kecil akan kerepotan karena harus handshaking dulu, sehingga lebih lambat daripada UDP
  • Tidak bisa broadcast, soalnya TCP ini sifatnya one to one, jadi ya kalau mau kirim satu-satu gitu (Listiyono, 2013)

Header IP
Pengertian IP header adalah informasi dimana IP protocol menambahkan di depan transport klien layer X untuk membuat IP paket. Header ini panjangnya 20 byte dan mencakup source dan destination IP address. (Huda, 2015)

NetwareProtocol
NCP (NetWare Core Protocol) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan dalam beberapa produk dari Novell, Inc Hal ini biasanya berhubungan dengan sistem operasi NetWare, tetapi bagian dalamnya telah diimplementasikan pada platform lain seperti Linux, Windows NT dan berbagai rasa dari Unix. Hal ini digunakan untuk mengakses file, cetak, direktori, sinkronisasi jam, pesan, perintah eksekusi remote dan fungsi jaringan layanan lainnya. Novell eDirectory menggunakan NCP untuk perubahan data sinkronisasi antara server di pohon layanan direktori. (NunaLinda, 2013)


BAB 5
 Pemecahan Masalah Lapisan Sesi Jaringan LAN
Pengertian Domain Name System (DNS)
Merupakan sistem database yang terdistribusi yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP.
Fungsi Utama Sistem DNS
1.      Menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.
2.      Memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet. DNS memiliki keunggulan seperti:
·         Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
·         Konsisten, IP address sebuah komputer boleh berubah tapi host name tidak berubah. Contoh:
– unsri.ac.id mempunyai IP 222.124.194.11, kemudian terjadi perubahan menjadi 222.124.194.25, maka disisi client seolah-olah tidak pernah ada kejadian bahwa telah terjadi perubahan IP.

– Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.

Konsep dan Hirarki DNS

DNS adalah suatu bentuk database yang terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap suatu data akan segera diteruskan ke seluruh jaringan (internet) dengan menggunakan skema client-server. Suatu program yang dinamakan name server, mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya.Invalid source specified.

NetBIOS

NetBIOS Adalah suatu antarmuka (interface) dan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM.
NetBIOS (singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: Network Basic Input/Output System) adalah sebuah spesifikasi yang dibuat oleh International Business Machine (sebenarnya dibuat oleh Sytek Inc. untuk IBM) dan Microsoft yang mengizinkan aplikasi-aplikasi terdistribusi agar dapat saling mengakses layanan jaringan, tanpa memperhatikan protokol transport yang digunakan.
NetBIOS melayani 3 fungsi jaringan yaitu sebagai berikut,

● Naming Services
Dipergunakan untuk menyebarkan nama group, user dan komputer ke jaringan. Ia juga bertugas untuk memastikan agar tidak terjadi duplikasi nama.

● DataGram Support
Menyediakan transmisi tanpa koneksi yang tidak menjamin suksesnya pengiriman paket, besarnya tidak lebih besar dari 512 bytes. Metode datagram ini digunakan oleh naming services.
● Session Support
Memungkinkan transmisi dimana sebuah virtual circuit session diadakan sedemikian rupa sehingga pengiriman paket dapat dipantau dan dikenali.
Invalid source specified.

Layanan NetBIOS (NetBIOS Services)

NetBIOS menawarkan tiga buah layanan NetBIOS, yakni sebagai berikut:
·         NetBIOS Name service: merupakan layanan yang digunakan untuk melakukan registrasi dan resolusi nama NetBIOS.
·         NetBIOS Session service: merupakan layanan yang digunakan untuk membuat sesi koneksi yang berbasis connection-oriented.
·         NetBIOS Datagram distribution service: merupakan layanan yang digunakan untuk menyampaikan datagram secara connectionless.

NetBIOS Name Service

Perintah-perintah yang dimiliki oleh layanan ini antara lain:
·         Add Name: malakukan registrasi terhadap sebuah nama NetBIOS.
·         Add Group Name: melakukan registrasi terhadap sebuah nama group NetBIOS.
·         Delete Name: melakukan penggagalan registrasi nama terhadap sebuah nama NetBIOS atau nama group NetBIOS yang telah teregistrasi terlebih dahulu.
·         Find Name: mencari sebuah nama NetBIOS di dalam jaringan.

NetBIOS Session Service

Perintah-perintah yang terdapat di dalam layanan ini antara lain:
·         Call: membuka sebuah sesi koneksi ke sebuah nama NetBIOS yang terdapat di dalam komputer di dalam jaringan.
·         Listen: mendengarkan jaringan untuk mencari apakah terdapat percobaan untuk membuka sebuah sesi koneksi terhadap sebuah nama NetBIOS.
·         Hang Up: menutup sebuah sesi koneksi.
·         Send: mengirimkan sebuah paket ke komputer yang diajak "bercakap-cakap" dalam sesi koneksi yang bersangkutan.
·         Send No Ack: mengirimkan sebuah paket ke komputer yang diajak bercakap-cakap, seperti halnya perintah Send dengan satu perbedaan yakni perintah ini tidak membutuhkan acknowledgment.
·         Receive: menunggu kedatangan sebuah paket yang dikirimkan oleh komputer yang mengirimkan paket dengan menggunakan perintah Send atau Send No Ack.

NetBIOS Datagram Distribution Service

Layanan ini memiliki beberapa perintah, yakni sebagai berikut:
·         Send Datagram: mengirimkan sebuah datagram ke sebuah nama NetBIOS yang terdapat pada komputer jarak jauh.
·         Send Broadcast Datagram: mengirimkan datagram ke semua nama NetBIOS yang terdapat di dalam jaringan yang sama.
·         Receive Datagram: menunggu kedatangan sebuah paket yang dikirimkan dengan menggunakan perintah Send Datagram dari komputer lain.
·         Receive Broadcast Datagram: menunggu kedatangan sebuah paket yang dikirimkan dengan menggunakan perintah Send Broadcast Datagram dari komputer lain.Invalid source specified.

Gateway
·         Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringankomputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasiyang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.Invalid source specified.

Protokol Session Later 
·         Names pipe
merupakan komunikasi sekuensial antar proses yang saling terelasi, namun pipe memiliki kelemahan yaitu hanya bisa digunakan untuk komunikasi antar proses yang saling berhubungan, dan komunikasinya yang dilakukan adalah secara sekuensial. Urutan informasi yang ada dalam sebuah pipe ada yang mirip dengan antrian queue. Jika komunikasi yang diinginkan adalah komunikasi dua arah maka kita harus membuat dua pipe, karena sebuah pipe hanya bisa digunakan untuk komunikasi satu arah saja. 
     Ada 2 jenis pipe, yaitu Named Pipe
 dan Unnamed Pipe. Namun metode pipe yang sering digunakan adalah named pipe. Keuntungan named pipe adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan dua proses yang dimulai secara independent, dimana salah satu proses tidak fork off sebuah proses baru.Invalid source specified.

·         Maul Slots
Adalah mekanisme komunikasi antar satu arah , yang tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows, yang memungkinkan komunikasi antara proses baik lokal dan melalui jaringan . Penggunaan Mailslots umumnya lebih sederhana dari pipa bernama atau soket ketika sejumlah relatif kecil dari pesan yang relatif singkat diharapkan untuk ditransmisikan , seperti misalnya pesan negara - perubahan jarang, atau sebagai bagian dari protokol peer- penemuan . Mekanisme mailslot memungkinkan untuk siaran pesan singkat ( " datagram " ) untuk semua komputer mendengarkan seluruh domain jaringan.Invalid source specified.
·         RPC
Remote Procedure Call (RPC) adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah prosedur yang berada di komputer lain. Untuk dapat melakukan ini sebuah server harus menyediakan layanan remote procedure. Pendekatan yang dilakuan adalah sebuah server membuka socket, lalu menunggu client yang meminta prosedur yang disediakan oleh server.Invalid source specified.RPC mengasumsi keberadaan dari low-level protokol transportasi seperti TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam komunikasi suatu program.Invalid source specified.



BAB 6
Pemecahan Masalah Lapisan Presentasi Jaringan LAN
Lapisan Presentasi adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi data, kompresi data, konversi set karakter (ASCII,Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya. (Febrianto, Pengertian PRESENTATION LAYER, 2014)
Fungsi
Pressentation layer melakukan fungsi-fungsi tertentu yang diminta untuk menjamin penemuan sebuahpenyelesaian umum bagi masalah tertentu. Pressentation Layer tidak mengijinkan pengguna untuk menyelesaikan sendiri suatu masalah. Tidak seperti layer-layer di bawahnya yang hanya melakukan pemindahan bit dari satu tempat ke tempat lainnya. Presentation layer memperhatikan syntax dan semantik informasi yang dikirimkan. atau contoh layanan pressentation adalah encoding data.

Secara umum fungsi dari presentation layer adalah:
a. Enkripsi dan dekripsi dari suatu pesan untuk alasan keamanan.
b. Kompresi dan dekrompresi suatu pesan sehingga dapat dikirimkan pada jaringan secara efisien.
c. Memformat grafis
d. Melakukan translasi konten
e. Melakukan translasi yang sifatnya spesifik terhadap suatu sistem tertentu.
f. Bagaimana data dipresentasikan.
g. Menyajikan data.
h. Sebagai layanan penterjemah.
i. Menentukan tipe data (gambar, audio, video, atau teks), enkripsi (ASCII atau EBCDIC), dan ekstensi file agar file siap ditampilkan di layer aplikasi. (Septiana, 2013)

Protokol yang ada pada presentation layer
Ada beberapa protokol yang berjalan pada presentation layer ini, yaitu:
·         VTP
Protokol yang pertama adalah protokol VTP. VTP ini sendiri merupaka kependekan dari Virtual terminal protocol. Protocol VTP ini memiliki fungsi untuk membuat dan jug amemlihara struktur data, serta melakukan proses translating atau penterjemahan dari terminal menjadi bentuk standar yang umum digunakan.
·         SMTP
SMTP merupakan protocol berikutnya yang bekerja pada presentation layer. SMTP merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protokol. Protokol SMTP ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk proses pertkaran email, baik email masuk dan juga email keluar yang melewati server email. Dengan begitu, SMTP akan membantu user dalam mengakses email. (baca juga: Pengertian SMTP dan cara kerjanya)
·         SNMP
SNMP merupakan kependekan dari Simple Network Management Protocol. SNMP ini merupakan protocol yang berfungsi untuk melakukan proses manajemen dan juga proses pengaturan pada sebuah jaringan. Dengan menggunakan protocol ini, maka sebuah jaringan bisa diatur dan juga dimanage dengan baik.
·         RPC
RPC merupakan kependekan dari Remote Procedure Call, yang merupakan protocol yang berfungsi sebagai pemanggilan jarak jauh pada proses komunikasi di dalam jaringan. (S.Kom, 6 Fungsi Presentation Layer Jaringan Komputer, 2016)
·         Abstrak Sintak Notasi 1. (ASN)
Abstrak sintaks notasi satu (lebih dikenal sebagai ASN.1) adalah bahasa untuk menentukan standar tanpa penerapan. Ini adalah bahasa penulis standar. ASN.1 memfasilitasi komunikasi antara profesional dan Komite dengan menawarkan bahasa umum untuk menggambarkan standar. ASN.1 ditetapkan di X.209 Rekomendasi ITU-T dan X.690.
Sebagai contoh, ASN.1 mendefinisikan:
·         "Jenis apa" adalah.
·         Apa "modul" dan harus tampilan.
·         Apa adalah bilangan bulat.
·         Apa yang BOOLEAN.
·         Adalah "terstruktur jenis".
·         Kata kunci tertentu maksud (untuk contoh, mulai, akhir, impor, ekspor, eksternal, dan sebagainya).
·         Cara "tag" jenis sehingga dapat dengan benar dikodekan.
ASN.1 memiliki tanpa memperhatikan standar apapun khusus, metode pengkodean, pemrograman bahasa, atau platform perangkat keras. Ini hanya bahasa simpel untuk menentukan standar. (Husen'tz, Materi Troubleshooting Kelas XII, 2015)

Pengertian X-WINDOW
X-WINDOW atau sering disebut dengan X WINDOW SYSTEM adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat input dan jaringan komputer. (Sabil, 2013)
X Window System adalah lingkungan grafik yang kompleks untuk sistem UNIX . X Window System pada mulanya dikembangkan di MIT. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1984. Sekarang, hampir seluruh workstation UNIX di dunia menggunakan varian X Window System untuk sistem GUI (Graphical User Interface). (Rizaldy, 2013)



BAB 7
Pemecahan Masalah Lapisan  aplikasi jaringan LAN
Application layer
Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol Application Layer digunakan untuk pertukaran data antaraprogram yang berjalan pada source dan host tujuan.
Dalam TCP/IP, lapisan aplikasi mengandung semua protokol dan metode yang masuk dalam lingkup komunikasi proses-ke-proses melalui jaringan IP (Internet Protocol) dengan menggunakan protokol lapisan transporuntuk membuat koneksi inang-ke-inang yang mendasarinya. Sedangkan dalam model OSI, definisi lapisan aplikasi lebih sempit lingkupnya, membedakan secara eksplisit fungsionalitas tambahan di atas lapisan transpor dengan dua lapisan tambahan: lapisan sesi dan lapisan presentasi. OSI memberikan pemisahan modular yang jelas fungsionalitas lapisan-lapisan ini dan memberikan implementasi protokol untuk masing-masing lapisan. (Febrianto, Pengertian APPLICATION LAYER, 2014)

Fungsi dari Application Layer
·         Sebagai alat pengumpul informasi dan data yang dikrimkan melalui jaringan
Fungsi pertama, application layer merupakan lapisan atau layer yang berfungsi sebagai pengumpul keseluruhan informasi dan data yang diterima dan yang akan dikirim melalui sebuah jaringan. Ketika user akan menerima data (receiver / recipient) maka application layer akan mengumpulkan seluruh data yang telah sampai untuk kemudian dimunculkan di dalam aplikasi tertentu.
Begitupun sebaliknya, ketika user akan mengirimkan data, maka application layer akan mengumpulkan keseluruhan data di dalam aplikasi tertentu, dan kemudian meneruskan data tersebut ke presentation layer untuk didefinisikan dan diproses lebih lanjut ke dalam jaringan.
·         Sebagai user interface dalam menampilkan data dan informasi
Fungsi berikutnya dari application layer adalah sebagai user interface. Apa gunaya pendefinisian data danpenyajian data yang dilakukan oleh layer presentation, namun user tidak dapat membaca dan melihat data tersebut? Karena itu, setelah presentation layer menyajikan data, application layer akan bekerja dalam menampilkan data yang tersaji tersebut di dalam sebuah user interface (bisa sebuah aplikasi, program, ataupun sistem – sistem tertentu), sehingga data yang tersaji bisa dilihat dan diamati langsung oleh usernya. (S.Kom, Application Layer Jaringan Komputer, 2016)

TCP/IP 
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) 
adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar datadari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. (Mulyadi, 2010)

DHCP 
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkanalamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. (Zulhijah, 2010)

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan pengngunggahan (upload) berkas-berkas komputer antara FTP Client dan FTP Server. Sebuah Client FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah Server FTP, sementara Server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah Client FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke Server FTP, serta mengunduh berkas dari Server FTP. (Suhartono, 2014)

NFS
NFS adalah singkatan dari Network File System, yang pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 80-an, sebagai sarana untuk berbagi file pada lingkungan kerja diskless. NFS menyediakan sarana untuk berbagi file antar jaringan, sehingga suatu mesin dapat mengakses file-file di mesin lain seolah-olah mengakses file sistem lokal. (ANANDA, 2015)


HTTP
HTTP merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol adalah sebuah protokol jaringan yang sifatnya didistribusikan secara kolaboratif, yang merupakan dasar dari komunikasi data untuk sebuah www atau world wide web. HTTP sendiri dalam bekerja menggunakan protocol yang populer digunakan dalam dunia internet, yaitu protocol TCP/IP .

 HTTPS
 HTTPS merupakan pengembangan dari protocol HTTP yang lebih aman / secure, sehingga data yang direquest dan juga diperoleh user atau client lebih aman dan juga tidak dapat dilacak dan dilihat oleh orang lain. penggunaan HTTPS ini sangat penting untuk kebutuhan internet saat ini, yang banyak menggunakan transaksi keuangan dan juga transaksi perbankan melalui internet, sehingga segala bentuk transaksi keuangan melalui internet akan menjadi lebih aman dengan menggunakan protocol HTTPS. (M.Kom, 2015)

Telnet Telnet (Telecommunication Network) adalah protokol client-server yang memungkinkan adanya akses remote login komputer tujuan dalam sebuah jaringan. Telnet juga dapat diartikan sebagai virtual/emulasi terminal yang menggunakan protokol telnet untuk dapat mengakses komputer tujuan secara remote. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. (Kusnadi, Pengertian dan fungsi Telnet (Telecommunication Network), 2013)


BAB 8
Pemecahan Masalah lapisan fisik jaringan WAN
1. Kabel tester sebagai mini Konsol SNMP dan mini - Web Server 41
      SNMP adalah sebuah protocol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja. (Amalia, 2016)

2. Ethernet Isu Wiring 42
adalah keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN). Ethernet mulai merambah pasaran pada tahun 1980 dan dibakukan pada tahun 1985 sebagai IEEE 802.3 thernet telah berhasil menggantikan kabel teknologi LAN yang ikut bersaing lainnya (wikipedia, 2016)

Keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN) yang biasanya menghubungkan banyak perangkat yang relatif dekat satu sama lain. Contohnya : Sistem jaringan pada gedung yang sama. Sejarah ethernet ini bermula dari sebuah pengembangan WAN di Universitas Of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan nama "ALOHA" . dan pada tahun 1975, Xerox Coporation mendesign Ethernet yang bisa menghubungkan 100 komputer dengan kecepatan 2,94 megabit/sekon melalui kabel yang cukup panjang, yaitu 1 km. (Maulana, 2016)
3.     Studi Kasus : Ethernet Wiring Pelanggaran 45 (Rosita, TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK JARINGAN WAN, 2016)


4.     Bagaimana Tabrakan Apakah Terdeteksi 49
Jika 2 station mentransmisikan data secara bersamaan maka terjadi collison (tabrakan) yang mengakibatkan 2 station berhenti untuk mentransmisikan data. Semakin banyak statiion dalam jairngan ethernet, maka jumlah kolisi akan semakin besar dan kinerja ethernet akan menurun. Cara mengatasinya dengan memasang “switch ethernet” untuk segmentasi terhadap jaringan ethernet ke beberapa kolisi domain. (Rosita, TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK JARINGAN WAN, 2016)

5. Fast Ethernet 
merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai 100 megabit per detik. Standar-standar yang dibuat untuk teknologi ini adalah 100BaseTX, 100BaseFX, 100BaseT4, dan 100BaseVG. Disebut juga 100BaseX.
Spesifikasi yang diratifikasi sebagai IEEE 802.3u pada tahun 1995 ini menjadi evolusi yang mengizinkan transmisi data yang jauh lebih cepat (10 kali lipat) dibandingkan dengan standar Ethernet yang sebelumnya, dengan menggunakan metode media access control yang sama, yakni Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD). Selain itu, format frame yang digunakannya pun juga sama dengan Ethernet biasa, sehingga kompatibel dengan Ethernet. Pengabelan yang digunakan pun juga sama, yakni menggunakankabel twisted pair, atau kabel serat optik meski kabel koaksial (yang digunakan oleh Ethernet 10Base2 dan 10Base5) telah ditinggalkan. (Wikipedia, 2015)

6.Pengertian Token Ring
adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Spesifikasi asli dari standar Token Ring adalah kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4 Mbps), dan kemudian ditingkatkan empat kali lipat, menjadi 16 megabit per detik. Pada jaringan topologi ring ini, semua node yang terhubung harus beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi yang umum terjadi adalah dengan menggunakan ring 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node, sementara ring 16 megabit per detik digunakan untuk backbone jaringan. (Fathoni, 2007)

7. Encoding Bits Ke The Media 54
 Encoding adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan komunikasi data dan penyimpanan data.  Tetapi komunikasi ini memiliki kelemahan yaitu jarak tempuh yang tidak terlalu besar akibat pengaruh noise berupa redaman yang terjadi pada media transmisi. Sedangkan komunikasi data menggunakan sinyal analog jarak tempuhnya akan menjadi lebih besar.
Sinyal digital adalah sinyal diskrit dengan pulsa tegangan diskontinyu. Tiap pulsa adalah elemen sinyal data biner diubah menjadi elemen – elemen sinyal.
Spektrum sinyal : disain sinyal yang bagus harus mengkonsentrasikan kekuatan transmisinya pada daerah tengah dari bandwidth transmisi; untuk mengatasi distorsi dalam penerimaan sinyal digunakan disain kode yang sesuai dengan bentuk dari spektrum sinyal transmisi.
Elemen sinyal adalah tiap pulsa dari sinyal digital. Data binary ditransmisikan dengan meng-encoder-kan tiap bit data menjadi elemen-elemen sinyal.
Ketentuan :
- Unipolar: Semua elemen-elemen sinyal dalam bentuk yang sama yaitu positif semua atau negatif semua.
- Polar :adalah elemen-elemen sinyal dimana salah satu state logic dinyatakan oleh level tegangan positif dan sebaliknya oleh tegangan negatif
- Rating Data : Rating data transmisi data dalam bit per secon
- Durasi atau panjang suatu bit: Waktu yang dibutuhkan pemancar untuk memancarkan bit
- Rating modulasi
- Rating dimana level sinyal berubah
- Diukur dalam bentuk baud=elemen-elemen sinyal per detik
- Tanda dan ruang
- Biner 1 dan biner 0 berturut-turut
- Modulation rate adalah kecepatan dimana level sinyal berubah, dinyatakan dalam bauds atau elemen sinyal per detik.
- Istilah mark dan space menyatakan digit binary ’1′ dan ’0′. (Romansyah, 2012)



BAB 9
Pemecahan Masalah lapisan data link jaringan WAN
1.      Ethernet


Saluran akses mekanisme control / protokol akses jamak yang di sediakan oleh lapisan MAC yang memungkinkan beberapa stasiun terhubung ke medium fisik yang sama untuk berbagi, seperti jaringan bus, cincin, hub, nirkabel dan link point to point half duplex. Protokol akses dapat mendeteksi atau  menghindari tabrakan paket data, jika pertengkaran modus berdasarkan metode akses channel paket yang di gunakan atau sumber daya cadangan untuk embangun sebuah saluran logis jika circuit switched / metode akses channel berbasis penyaluran yang di gunakan. (Rosita, TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK JARINGAN WAN, 2016).
Metoda akses :
·         CSMA/CD
• Metoda akses yang digunakan dalam LAN disebut carrier sense multiple access with collision detection (CSMA/CD).
>Maksudnya, sebelum komputer/device mengirim data, komputer tersebut “menyimak/mendengar” dulu media yang akan dilalui sebagai pengecekan apakah komputer lain sedang menggunakannya, jika tidak ada maka komputer/device akan mengirimkan data nya. 
• CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection), merupakan sebuah metode kendali akses, yakni metode yang menjelaskan bagaimana aturan dalam pengaksesan media jaringan yang memiliki 2 prinsip dasar yaitu;

       – mengindra (sensing) media jaringan, dan
       – mendeteksi terjadinya tabrakan data (collision)
• Sebuah node yang ingin mengirimkan datanya ke jaringan, akan mengindra media. Node ini hanya akan mengirimkan datanya jika media jaringan sedang kosong. Jika ternyata ada node lain yang sedang mengirimkan data, ia akan menunggu dengan menetapkan waktu tunggu tertentu.
• Setiap node selalu mengindra media jaringan, sehingga terjadinya collision akan diketahui. Jika terjadi collision, setiap node akan menginformasikan terjadinya collision dan menunggu dalam selang waktu yang acak.
Invalid source specified.

2.      Full Duplex-Ethernet
Ethernet switching yang memunculkan kemajuan, Ethernet full-duplex lain. Full-duplex adalah istilah komunikasi data yang mengacu pada kemampuan untuk mengirim dan menerima data pada saat yang sama.Invalid source specified.


3.      Format Bingkai Ethernet

Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer).

Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame, yakni sebagai berikut:
·         Ethernet II (yang digunakan untuk TCP/IP)
·         Ethernet 802.3 (atau dikenal sebagai Raw 802.3 dalam sistem jaringan Novell, dan digunakan untuk berkomunikasi dengan Novell NetWare versi 3.11 atau yang sebelumnya)
·         Ethernet 802.2 (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 without Subnetwork Access Protocol, dan digunakan untuk konektivitas dengan Novell NetWare 3.12 dan selanjutnya)
·         Ethernet SNAP (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 with SNAP, dan dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP/IP)Invalid source specified.


4.      Pemanfaatan jaringan perhitungan dan efisiensi bandwidth pada ethernet

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjb-5VrW774-2ELdCt4btO6ttKbRId0B82zcmhmUYbdNId52YfzT8fDtuyPn9-8Io8s2_eErSPZbmVi-Su_-7N-J78ddgNTnioB6UuRKY9fFwkZ_9pNONLl0bMfsUvRLNz1Un045dtoeNI/s320/overview.jpg


Data Rate dan Bandwith
Sehingga Data Rate dapat diartikan sebagai besarnya kapasistas transfer data dalam komunikasi data digital, biasanya dinyatakan dalam bps atau bit per second.
1. Bandwidth 
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. 
·         Digital Bandwidth
Digital Bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi.
·         Analog Bandwidth
Sedangkan analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransimisikan dalam satu saat Invalid source specified.


5.      Studi Kasus: Menganalisis Berlebihan Tabrakan Ethernet
Dapat diatasi dengan menggunakan carrier sense multipe access / collision detection (CSMA / CD) yaitu paket di buang dan di kirim ulang satu per satu dan menjadi sumber infesiensi dalam jaringan. Tabrakan domain di temukan di sebuah hub yang mewaili satu domain collision dalam satu broadcast domain dan dapat di temukan dalam jaringan media lain seperti wifi.

     6.      Studi Kasus: Server Lambat Pada Segmen Ethernet
·         Congestion jaringan adalah traffic data melebihi kapasitas bandwith yang ada.
·         Collision adalah sebuah data frame yang saling bertabrakan.
·         Bottlenecs adalah beban user yang tinggi dalam mengakses jaringan dan menyebabkan kelambatan jaringan (Rosita, TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK JARINGAN WAN, 2016)


7.      Proses Token Passing


Token passing adalah metode akses channel yang melewati node yang memberi kewenangan node untuk berkomunikasi. Contohnya ARCNET. (Rosita, TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK JARINGAN WAN, 2016)


BAB 10
STUDI KASUS
1. studi kasus: tips menggunakan traceroute
Traceroute adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. (Kuncara, 2013)
Traceroute  / tracert ( pada windows )  berguna untuk  menganalisa jaringan internet  yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.
Cara Melakukan Traceroute :
  1. Klik Start –> Run
  2. Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda
 (Base, 2010)


1. studi kasus: tips menggunakan PING dan ICMP
Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Groper, yaitu suatu aplikasi utilitas yang disediakan oleh micosoft windows yang berfungsi sebagai pemeriksa koneksi jaringan dengan berbasis Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TCP/IP).
Fungsi dari program ping adalah untuk mencoba apakah komputer yang satu dengan yang lainnya telah terhubung dalam satu jaringan/belum dengan megirimkan sejumlah packet data ke komputer lain
Penggunaan Ping
Contoh penggunaan ping :
ping 192.168.1.2 –t
Paket akan dikirimkan terus menerus sampai ada penekanan tombol Ctrl + C.
ping 192.168.1.2 -n 32
Jumlah permintaan echo yang dikirimkan berjumlah 32 byte
ping 192.168.1.2 -l 32
Jumlah buffer yang dikirimkan sebanyak 32 byte
ping 192.168.1.2 -n 32
Jumlah waktu (timeout) untuk menunggu respon dalam satuan milidetik. Pada contoh diatas waktu yang dibutuhkan adalah 1 milidetik.
Opsi yang lain dapat Anda lihat dengan mengetikkan : ping /? pada prompt DOS Anda. (Dexvils, 2014)


3. IPX 161 IPX disebarkan broadcast paket
IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol komunikasi tanpa koneksi, seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan TCP/IP.
IPX (Internetwork Packet Exchange) digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari suatu titik didalam jaringan ketitik yang lainnya melalui sebuah inter network
 IPX (Internetwork Packet Exchange) beroperasi dilapisan jaringan (lapisan ketiga OSI layer), dan dapat digunakan didalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan Protokol Data Link lainnya. (Sweetpink, 2011)


4. studi kasus: IPX MTU Mismatch 172
 MTU (Maximum Transmission Unit)  adalah batasan data maksimum yang dapat dibawa dalam sebuah frame pada lapisan Network Interface dari pemodelan TCP/IP. Layer Network Interface tidak didesain untuk menerima atau mengirim frame yang memuat data lebih dari yang ditetapkan MTU. Sehingga sebuah IP datagram harus lebih kecil atau sama besarnya dengan MTU atau dia tidak bisa di enkapsulasi untuk pengiriman. (Prabelism, 2014)



BAB 11
 Troubleshooting lapisan transportasi jaringan WAN
Pengertian Netware
Netware adalah system operasi (operating system) jaringan yang dikembangkan oleh Novell, dan protocol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi            dengan client dalam network.
Protokol NetWare digunakan hanya pada jaringan NetWare, untuk melengkapi protocol standar dan dirancang agar NetWare dapat bersaing melawan system lain yang membatasi implementasinya hanya pada protocol standar.
Novell Netware
Merupakan system operasi jaringan komputer yang dirancang untuk meng-kaitkan PC kedalam jaringan antar PC, yang dapat membuat resource harddisk dari server dapat digunakan bersama. (antar yang satu dengan lainnya). (Winasis, 2014)


 (Aqim, Pengertian Netware, 2014)


1.    Paket Exchange (SPX)
IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange) mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data.IPX dan SPX adalah protocol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan system operasi Novell NetWare. (Nahdillah, 2012)

 (IT, 2010)


2.    Studi kasus SPX II
SPX II
a.       Termal atau termal versi Transfer
b.      Kanan dan kiri versi
c.       Dilepas, kontrol seluler Unit
d.      Input / Output
e.       USB, RS 232, Centronics dan port Ethernet
f.       Slot untuk kartu CF (GMBH, 2011)


BAB 12
 Troubleshooting lapisan sesi jaringan WAN
Pengertian
NetBIOS over IPX adalah implementasi yang dilakukan Novell, dimana NetBIOS menggunakan datagram IPX untuk membawa protokol frame NetBIOS. Dalam jaringan IPX / SPX, alamat 48 bit (biasanya alamat MAC) mengidentifikasi sebuah node pada jaringan dan alamat 32 bit mengidentifikasi setiap jaringan. Jadi IPX adalah protokol routable yang membutuhkan sedikit administrasi, yang membuatnya menjadi berguna untuk penerapan dengan NetBIOS. (Yuniarka, 2016)
1.      NetBIOS over TCP / IP ditentukan oleh RFC 1001 dan RFC 1002. Sopir Netbt.sys adalah komponen-mode kernel yang mendukung antarmuka TDI. Layanan seperti workstation dan server menggunakan antarmuka TDI langsung, sementara aplikasi NetBIOS tradisional memiliki panggilan mereka dipetakan ke TDI panggilan melalui driver Netbios.sys. Menggunakan TDI untuk melakukan panggilan ke NetBT adalah tugas pemrograman lebih sulit, tetapi dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi dan kebebasan dari NetBIOS keterbatasan sejarah.
   NetBIOS mendefinisikan interface perangkat lunak dan konvensi penamaan, bukan protokol. NetBIOS over TCP / IP menyediakan NetBIOS pemrograman antarmuka atas protokol TCP / IP, memperluas jangkauan program klien dan server NetBIOS ke internetwork IP dan menyediakan interoperabilitas dengan berbagai sistem operasi lain. (Technet, 2013)
2.      NetWare adalah sistem operasi jaringan (NOS) yang menyediakan akses file transparan jauh dan banyak lainnya didistribusikan layanan jaringan, termasuk printer sharing dan dukungan untuk berbagai aplikasi seperti surat elektronik transfer data dan akses. 
 NetWare menentukan atas lima lapisan dari model referensi OSI dan, dengan demikian, berjalan pada media akses Protocol (Layer 2). (semangat, 2012)
3.      SAP (Service Advertising Protocol)
SAP (Service Advertising Protocol) adalah protokol didalam jaringan IPX (milik Novell), SAP digunakan memberikan informasi kepada host2 dalam jaringan IPX apakah sebuah service sedang aktif atau tidak didalam jaringan. Biasanya digunakan oleh server2 untuk memberikan informasi apakah service yang mereka miliki dapat digunakan atau service tersebut dalam keadaan tidak aktif. Server tersebut akan melakukan advertise dengan menggunkan SAP. (Panarobost, 2011)
Protokol ini seringkali memiliki juga fungsi yang terdapat dalam protokol standar, tetapi protokol ini terpadu penuh kedalam sistem NetWare. (Romanisti, 2015)



BAB 13
 Troubleshooting lapisan presentasi jaringan WAN
Pengertian WAN (WIDE AREA NETWORK)
WAN adalah singkatan dari Wide Area Network adalah suatu jaringan yang digunakan sebagai jaringan yang menghubungkan antar jaringan lokal. Jaringan komputer lokal secara fisik tidak hanya yang berdekatan satu sama lain, namun menggunakan satu grup alamat IP yang sama. Jaringan lokal bisa satu ruangan, satu kantor atau bahkan satu kota. Sedangkan WAN sendiri adalah jaringan yang menghubungankan antar jaringan lokal ini dalam satu kota, provinsi atau bahkan antar negara. (Kurnia, 2015)
Lapisan Presentasi adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI.
Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi data, kompresi data, konversi set karakter (ASCII,Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya. Dalam arsitektur TCP/IP yang menggunakan model DARPA, tidak terdapat protokol lapisan ini secara khusus.Selain itu juga presentation layer Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. (febrianto, 2014)

Abstrak Sintak Notasi 1. (ASN)
Abstrak sintaks notasi satu (lebih dikenal sebagai ASN.1) adalah bahasa untuk menentukan standar tanpa penerapan. Ini adalah bahasa penulis standar. Ketika John Smith di CalTech ingin menulis rekomendasi untuk standarisasi prosedur yang salah satu komponen berikut untuk berbicara dengan komponen lain, ia menulis rekomendasi dalam notasi ASN.1, dan mengajukan rekomendasi untuk badan standar seperti ITU. ASN.1 memfasilitasi komunikasi antara profesional dan Komite dengan menawarkan bahasa umum untuk menggambarkan standar. ASN.1 ditetapkan di X.209 Rekomendasi ITU-T dan X.690.

Sebagai contoh, ASN.1 mendefinisikan:
·                     "Jenis apa" adalah.
·                     Apa "modul" dan harus tampilan.
·                     Apa adalah bilangan bulat.
·                     Apa yang BOOLEAN.
·                     Adalah "terstruktur jenis".
·                     Kata kunci tertentu maksud (untuk contoh, mulai, akhir, impor, ekspor, eksternal, dan sebagainya).
·                     Cara "tag" jenis sehingga dapat dengan benar dikodekan.
ASN.1 memiliki tanpa memperhatikan standar apapun khusus, metode pengkodean, pemrograman bahasa, atau platform perangkat keras. Ini hanya bahasa simpel untuk menentukan standar. Atau dengan kata lain, standar ditulis dalam ASN.1.
(Husen'tz, Materi Troubleshooting Kelas XII, 2014)

X-WINDOW
X-WINDOW atau sering disebut dengan 
X WINDOW SYSTEM adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat input dan jaringan komputer. (Mizzhack, 2013)

§  Window Manager adalah interface utama antara X Window System dengan user. Tanpa window manager, sistem akan lebih sulit digunakan dan tidak akan terlalu produktif. Window manager menyediakan fungsi-fungsi pengontrolan dan kustomisasi border, menu, icon, virtual desktop, button, tool bar.
§  Desktop Environment adalah yang didalamnya juga termasuk window manager, desktop environmentmerupakan system yang jauh lebih terintegrasi dibanding window manager karena desktop environment memiliki utiliti dan software bawaan yang lebih lengkap dan terintegrasi. Desktop environment membutuhkan X Window System dan Window Manager. (Habibie, 2012)



BAB 14
Troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN
1.      HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halaman dalam WWW atau World Wide Web. HTTP adalah protokoaplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas TCP (transmission Control Protocol). Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptkan sebuah hubungan ke port tertentu di sebuah server web hosting tertentu. 

·         Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Fungsi dari HTTP itu sendiri adalah menetapkan bagaimana pesan atau data yang ada diformat dan ditrasmisikan menjadi bentuk yang bias merespon browser untuk memunculkan data-data tersebut.  

Cara kerja protocol ini yaitu untuk mengkomunikasikan satu dengan yang lainnya. Protokol adalah perintah yang harus diikuti oleh setiap computer untuk bias mengirim atau menerima pesan. (Hidayat, Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol), 2015)

 

2.      Pengertian Netware

Netware adalah system operasi (operating system) jaringan yang dikembangkan oleh Novell, dan protokol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan client dalam network.

 

(Aqim, Pengertian Netware, 2014)

3.      Cara Mempercepat Koneksi Internet
1.      Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan Alat Penguat Sinyal
2.      Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengatur (seeting) Bandwidth
3.       Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengganti DNS server
4.       Mempercepat Koneksi Internet dengan Aplikasi
5.      Mengatur Browser anda (Hendri, 2014)

4.      Koneksi Server turun
·         Jalankan tes kecepatan. Sebelum Anda bersusah payah untuk mengutak-atik hardware dan setelan komputer, periksalah untuk melihat jenis kecepatan yang Anda dapatkan dan bandingkan dengan kecepatan yang diiklankan untuk layanan yang Anda gunakan. 
·         Bandingkan hasil yang Anda peroleh dengan yang Anda bayar. Tanyakan pada penyedia layanan Anda untuk melihat kecepatan yang "seharusnya" Anda dapatkan. I
·         Reset jaringan Anda. Me-restart modem dan router akan membantu memecahkan banyak masalah konektivitas jaringan. 
·         Periksa apakah sinyalnya tidak konflik. Jika Anda menggunakan router wireless, pastikan sinyalnya tidak konflik dengan telepon tanpa kabel atau kamera wireless. 
·         Periksa apakah Anda telah mencapai kuota maksimal dari ISP Anda.
·         Periksa semua perangkat pada jaringan Anda. 
·         Pindahkan router wireless atau computer Anda. (Wikihow, 2013)

5.      Server Message Block Protocol (SMB protocol)

SMB/ Server Message Block adalah protocol aplikasi jaringan yang banyak dipakai untuk sharing file, printer, dan port serian. SMB juga menyediakan mekanisme otentikasi antar proses di Windows. (Kamusonline, 2013)

6.      RESPONSE TIME
Waktu Tanggap ( Response Time) adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antarmuka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. (Onthoni, 2012)

7.      Web Browser 
     Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. (Rahma, 2015)



BAB 15
 Pemecahan masalah pada perangkat jaringan nirkabel
Menghubungkan ke perangkat Bluetooth

·         Periksa apakah Chromebook mendukung Bluetooth

·         Menyandingkan aksesori Bluetooth

·         Memecahkan masalah Bluetooth (Support.google., 2014)


Pengertian Access Point dan Fungsinya

adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.

Fungsi Access Point

pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
         1.Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
         2.Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
         3.Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
         4.Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel (Wordpress, 2015)

Antena Grid
Antena grid merupakan salah satu antena wifi yg paling populer. Perangkat keluaran TPLINK ini berfungsi untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point, atu sebagai client dai RT/RW NET. 
Antena Grid 24 dBi ini didesain untuk Sistem Komunikasi menggunakan Wireless LAN. Karakteristik antena ini antara lain : High Gain, Jarak Jauh, dan F/B Ratio yang besar. (Srg, 2015)

Antena Omni Directional:
Antena Omni Directional: Antena WiFi adalah ini jenis antena yang digunakan untuk Point-to-Multi-Point sistem.  Alat ini dapat berfungsi sebagai antena utama untuk mendistribusikan sinyal yang masuk, ke komputer lain atau periferal dalam jaringan kerjanya.  antena Omni directional membantu menyebarkan sinyal radio ke segala arah atau pada bidang horizontal, tetapi sangat terbatas tersebut pada bidang vertikal. (ADMIN, 2013)

Antena pico
·         Sediakan kabel LAN tipe Straigh 2 unit
·         Pasang kabel LAN dari AP ke POE dan Lan AP ke komputer/laptop
·         Set IP komputer/laptop satu jaringan dengan AP yaitu (192.168.1.xxx)
·         Buka browser dan ketikkan IP AP 192.168.1.20 (enter)
·         Isi username dan password dengan "ubnt"
·         Select Country ganti dengan Indonesia dan ceklist pernyataan bahwa kita setuju dengan pengaturan tersebut lalu click OK (Accept)
·         Maka sahabat akan di bawa kehalaman pengaturan Access Point Ubiquity PicoStation M2HP 
·         Click menu WIRELESS lalu ganti Wireless Mode dengan Access Point
·         SSID sesuaikan dengan keinginan sobat
·         Country Code "Indonesia"
·         Channel Width "20Mhz"
·         Yang lain biarkan default Lalu Click Change
·         Pindah ke Menu NETWORK
·         Network Mode pilih Router
·         Network Setting pada bagian WAN(dari LAN) set IP boleh DHCP atau Static ( kalua DHCP set Fallback IP satu jaringan dengan sumber internet (modem) atau bahasa kerennya Gateway, kalau Static set IP Gateway  dengan IP Modem/Sumber Internet)
·         Network Setting pada bagian Wireless(WLAN) set IP sebaiknya DHCP agar semua client yang conect bisa mendapatkan IP secara otomatis.
·         Lalu Click Change lagi
·         Selanjutnya pindah ke menu paling kiri yang ada logo Ubiquity hilangkan ceklist Airmax
·         Click Change lagi
·         Lalu Click Apply agar semua settingan yang kita buat tersimpan dan AP akan restart/reboot sendiri.
·         Jika semua lampu AP menyala berarti settingan sudah benar dan sobat bisa tes conect ke AP dan jangan lupa kabel yang tadi di pasang ke komputer/laptop di pindahkan ke Modem/Router/Switch atau sejenisnya yang memberikan sumber internet. (Azizah, 2014)

Perangkat wireless repeater / router 
 Wireless repeater adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang keluar dari router atau access point. Jadi jika sinyal yang keluar dari router atau access point dirasakan kurang kuat di suatu area di dalam rumah atau gedung kantor anda dikarenakan jaraknya atau banyaknya hal-hal yang mengganggu kualitas sinyal, anda bisa menggunakan wireless repeater ini untuk memperkuat sinyalnya. (KomGet, 2013)
 Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.



BAB 16
 Pemecahan masalah layanan web server
Pengertian HTTP
HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halaman dalam WWW atau World Wide Web. Sedangkan pengertian HTTP menurut kamus besar adalah protocol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, system informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW.
HTTP adalah protocol aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas TCP (transmission Control Protocol). Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptkan sebuah hubungan ke port tertentu di sebuah server webhosting tertentu. Umumnya port yang digunakan adalah port 80. Klien juga sering dikenal dengan user agent, sedangkan server yang meresponnya dan juga meyimpan sumberdaya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server.
Fungsi dan Cara Kerja HTTP
Cara kerja protocol ini yaitu untuk mengkomunikasikan satu dengan yang lainnya. Protokol adalah perintah yang harus diikuti oleh setiap computer untuk bias mengirim atau menerima pesan. Penggunaan protokol yang paling umum yaitu HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi dari HTTP itu sendiri adalah menetapkan bagaimana pesan atau data yang adadi format dan ditrasmisikan menjadi bentuk yang bias merespon browser untuk memunculkan data-data tersebut. (Hidayat, Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) , 2015)

Pengertian Web Server
Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi Server atau Web Server
Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. (Indonesia, 2015)

Cara Kerja Web Server.
1. Menerima permintaan (request) dari client, dan
2. Mengirimkan apa yang diminta oleh client (response). (Winter, 2014)

 

Konfigurasi Web Server Pada Linux Debian CLI

·         Setelah login pada salah satu user Debian, kita perlu login ke super user. Caranya ketikan perintah “su” kemudian masukan password root. 
·         Instalkan aplikasi apache2, mysql-server, phpmyadmin, dan php5 dengan mengetikan perintah #apt-get install apache2 mysql-server phpmyadmin php5 
·         Jika muncul pertanyaan yang meminta kita memilih yes atau no, ketik saya ”Y”. 
·         Lakukan penginstalan seperti pada aplikasi-aplikasi pada umunya. Tentukan password, dan pada web server reconfigure automatically pilih “Apache2” saja.
Konfigurasi Web Server Pada Linux Debian CLI
·         Pada pertanyaan “Configure database for phpmyadmin with dbconfig-common?”, pilih Yes.
·         Selanjutnya lakukan penginstalan sampai selesai. 
·         Pindah posisi ke direktori apache2/sites-enabled’. Ketikan perintah #cd /etc/apache2/sites-enabled
·         Salin isi file 000-default ke www. Ketikan perintah #cp 000-default www
·         Selanjutnya kita membuka file www yang baru kita buat dengan menggunakan jendela editor pico. Maka ketikan perintah #pico www
·         Ubah isi file www menjadi seperti tampilan berikut
·         Tambahkan NameVirtual Host dengan IP Address komputer anda dan diakhiri :80
·         Pada Vistual Host isi dengan IP Address komputer anda.
·         Lalu tambahkan ServerName dengan nama domain yang anda gunakan.
·         Untuk mengecek apakah domain yang telah kita buat telah dapat dilihat oleh komputer yang termasuk ke dalam jaringan komputer dengan menggunakan Web Browser, kita bisa menginstalkan salah satu Web Browser pada Debian yaitu Links dengan mengetikan perintah apt-get install links.
·         Lalu buka domain yang telah kita buat dengan aplikasi Web Browser Links ini dengan mengetikan perintah links www.smkn-2cms-27.sch.id (sesuaikan nama domain), ataulinks http://192.168.27.20 (sesuaikan IP Address). Maka jika berhasil tampilan pertama akan muncul tulisan “Its Work”
·         Lalu coba buka halaman web ini dengan komputer lain yang termasuk ke dalam jaringan.
Maka domain yang telah kita buat telah dapat dilihat oleh komputer yang termasuk ke dalam jaringan komputer dengan menggunakan Web Browser. (Brader, 2013)

Minor Service Failure (MSF)
Web server masih online, tetapi satu atau lebih jasa pendukung (seperti Imagistat, penagihan, Dokter HTML, alat administrasi, logging, tape backup, SCSI backup, dll) tidak bekerja dengan benar.

Secondary Service Failure (ISF)
halaman web yang dilayani, tetapi satu atau lebih layanan sekunder (seperti email, Real Audio, Secure Server, Ngobrol Server, DNS, dll) tidak bekerja dengan benar.

Primary Service Failure (PSF)
halaman web yang tidak dilayani, tapi beberapa layanan masih online, seperti ssh, ping, dll

Total Service Failure (TSF)
Mesin tidak menanggapi setiap jaringan atau konsol permintaan.

Gremlins
Koleksi longgar penyakit yang terjadi di luar mesin server, seperti listrik padam, kegagalan konektivitas jaringan, kegagalan DNS dan masalah routing (untuk beberapa nama). (Tongue, 2001)



BAB 17
 Pemecahan masalah layanan mail server
Pengertian SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol)
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
SMTP adalah protokol yang cukup sederhana, berbasis teks dimana protokol ini menyebutkan satu atau lebih penerima email untuk kemudian diverifikasi. Jika penerima email valid, maka email akan segera dikirim. SMTP menggunakan port 25 dan dapat dihubungi melalui program telnet. Agar dapat menggunakan SMTP server lewat nama domain, maka record DNS (Domain Name Server) pada bagian MX (Mail Exchange) digunakan. (Strife, 2013)

Pengertian Mail Server
Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP. (SWEET, 2014)

Konfigurasi Mail Server {Linux Debian}
·         Instal paket postfix
1.Masukkan cd debian yang tersedia paket
postfix
2.Ketikkan perintah berikut untuk menginstal
#apt-get install postfix

·         Instal paket courier-imap
1.Masukkan cd debian yang tersedia paket
courier-imap
2.Ketikkan perintah berikut untuk menginstal
#apt-get install courier-imap

·         Instal courier-pop
1.Masukkan cd debian yang tersedia paket
courier-pop
2.Ketikkan perintah berikut untuk menginstal
#apt-get install courier-pop

·         Instal paket squirrelmail
1.Masukkan cd debian yang tersedia paket
squirrelmail
2.Ketikkan perintah berikut untuk mengistal
#apt-get install squirrelmail

·         Konfigurasi script postfix
1.Edit file main.cf
#vim /etc/postfix/main.cf
2.Tambahkan script di bawah ini
mydomain = 
http://www.smknpal.sch.id
home_mailbox = Maildir/
mynetworks = 127.0.0.0/8 10.252.22.0/24

·         Konfigurasi virtual host squirrelmail
1.Edit file apache2
#vim /etc/apache2/sites-available/default
2.Tambahkan script di bawah ini
Alias /webmail “/usr/share/squirrelmail/”
Allow from all
(Maxsinoda, 2015)

Troubleshooting
Troubleshooting adalah proses pemeriksaan
(diagnosa) sumber masalah. Proses ini digunakan untuk memperbaiki masalah hardware, software, dan produk-produk lainnya. Prinsip troubleshooting adalah “mendiagnosa dari masalah umum terlebih dahulu, kemudian mempersempit diagnosa tersebut ke permasalahan yang lebih khusus (spesifik)” (Kompie, 2013)

Inbound
Inbound Link adalah link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang mengarah pada website kita. Jadi, analoginya seperti ini : Jika situs A melakukan link kepada situs B maka bisa dikatakan situs A mempunyai Outbound Link terhadap situs B dan situs B mempunyai Inbound Link terhadap situs A. (ENTREPRENEUR, Pengertian Inbound dan Outbound Link, 2014)

Outbound

 adalah situs orang lain yang mengarah keluar kedalam blog atau web kita sendiri dimana mereka menempatkan link atau backlink kepada blog kita sendiri maka dari itu kalau outbound di artikan atau pengertiannya adalah link keluar , harap batasi juga link keluar karna bisa mengurangi kualitas seo alias turunnya peringkat blog kita di posisi yang baik (ARIANSYAH, 2015)



BAB 18
Pemecahan masalah layanan FTP server
Pengertian FTP
FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.
FTP berkerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server, yaitu protokol TCP

Perbedaan antara FTP client dan FTP server
FTP server merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman/ tukar menukar data kepada FTP client dengan syarat FTP client harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP server.
Sedangkan FTP client merupakan komputer/ perangkat yang meminta layanan tukar menukar data kepada FTP server. Setelah terkoneksi dengan FTP server, FTP client dapat melakukan proses download, upload dan lain sebagainya sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh FTP server sebelumnya. (Zakaria, Ketahui Pengertian FTP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya, 2016)

Pengertian TFTP
TFTP merupakan sebuah protokol sederhana untuk transfer file antar komputer yang sama maupun berbeda jaringan. TFTP menggunakan protokol UDP sebagai transport karena tidak membutuhkan terciptanya koneksi sebelum permintaan transfer file dapat terlaksana. Karena menggunakan protokol UDP yang tidak membentuk koneksi sebelum berhubungan, maka keamanan dalam pengiriman data tidak dapat dijamin. (Sugeng, 2013)

INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP SERVER

turotial tentang bagaimana cara instalasi dan konfigurasi FTP server. Untuk itu siapkan virtual machine/virtual box/sejenisnya yang sudah terinstall Debian 6.  

1. Buka terminal root, lalu ketikkan perintah

    apt-get install proftpd
Install ftp server
Pilih standalone
2. Sekarang coba akses alamat ftp://ip.address.server/pada browser client. Jika muncul permintaan login i, berarti instalasi sudah berhasil.
Instalasi FTP success
3. Cek isi direktori /home, disitu akan terdapat user ftp.
User FTP
4. Bukalah file /etc/proftpd/profpd.conf menggunakan teks editor. Perintahnya nano /etc/proftpd/proftpd.conf . Kemudian temukan baris # DefaultRoot dan hilangkan tanda pagar didepannya dan simpan file konfigurasi. 
Hilangkan tanda # di depan DefaultRoot
5. Kemudian restart service ftp dengan perintah /etc/init.d/proftpd restart
/etc/init.d/proftpd restart
6. Untuk membuat anonymous ( jadi kalo kita mau akses ngga perlu login ) ftp server, edit kembali file /etc/proftpd/proftpd.conf. Cari sintak – sintak seperti gambar dibawah ini dan hilangkan semua tanda pagar di depan setiap sintak mulai baris “Anonymous~ftp>” sampai baris <Anonymous>.
Hilangkan tanda #
7. Simpan file konfigurasi dan restart service proftpd. Akses kembali FTP server pada browser client dan lihat hasilnya, apakah harus login atau tidak.
8. Agar user ftp mengizinkan hak aksesnya. Kita harus melakukan chmod terlebih dahulu dengan perintah chmod 777 ftp.
chmod 777 FTP
9. Saat login anonymous diaktifkan,sebenernya setiap pengguna yang mengakses ftp juga tetap menggunakan user. Hanya saja, tidak nampak. User yang kita gunakan saat melakukan akses anonymous adalah ftp. Sedangkan direktori “/home/ftp” merupakan home directory dari user ftp. Jadi jika kita ingin mengganti direktori yang diakses saat login ftp, kita hanya perlu mengarahkan home directory user ke direktori yang diinginkan. Contoh : mengganti home directory user ftp dari direktori /home/ftp ke direktori /var/www Usermod –d /var/www/ ftp. Kemudian akses ftp server melalui browser.
/var/www
10. Install filezilla pada client. Cobalah melakukan koneksi ke server ftp. Buka filezilla lalu cobalah mengupload file  (misalnya kita upload folder IP Calculator)
Upload lewat filezilla
11. Setelah itu akses kembali melalui browser client (ini adalah folder yang diupload melalui filezilla tadi)
folder yang di upload .
(Yuanda, 2015)

SFTP 
SFTP (Secure File Transfer Protocol) adalah proses transfer file yang menggunakan protocol
SSH. Disini akan membahas bagaimana caranya mengkonfigurasi SFTP pada Ubuntu. Konfigurasi SFTP dengan konfigurasi pada terminal.
Buatlah sebuah group untuk user. Misalnya sftponly
pras@zones:~$ sudo groupadd sftponly
Setelah itu tambah user ke group tersebut
pras@zones:~$ sudo adduser pras sftponly
Install open-ssh jika belum terinstall dengan mengetikkan
pras@zones:~$ sudo apt-get install openssh-server
Setelah itu setting konfigurasi
pras@zones:~$ sudo nano /etc/ssh/sshd_config
Edit default
Subsystem sftp /usr/lib/openssh/sftp-server
menjadi
Subsystem sftp internal-sftp
Kemudian di bagian bawah tambahkan
Match group sftponly

ChrootDirectory /home/%u
X11Forwarding no

AllowTcpForwarding no

ForceCommand internal-sftp
Untuk dapat diakses ketikkan
pras@zones:~$ sudo chown root.root /home/pras
Untuk login sebagai user ketikkan
pras@zones:~$ sudo usermod -d / pras
(Dani, 2011)

Pemecahan masalah layanan ftp server
Troubleshooting pada FTP. Pesan error Login incorrect. Dari pesannya saja sudah jelas bahwa ada masalah saat memasukkan username dan password. Coba cek kembali username dan password dengan teliti, jika masih bermaslah coba buat user baru untuk mengakses FTP. Solusi lainnya adalah dengan mengubah metode login dengan metode Anonymous yang tidak memerlukan username dan password. Pesan error Login Incorrect masih muncul sedangkan username dan password sudah benar. Masalah ini terjadi karena saat pembuatan user directory yang diarahkan salah. Misalnya saat membuat directory untuk FTP terletak pada /home/share sedangkan saat menambahkan user, syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /share/ ftp” yang mana syntax tersebut mengarahkan ke direktory share yang terletak pada root (/) sedangkan didalam root tidak ada directory share. Maka seharusnya syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /home/share/ ftp”. (Blogger, 2015)



BAB 19
 Pemecahan masalah layanan File server
Pengertian NTP
Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. (FELLYADR, 2011)
Konfigurasi NTP
Langkah - langkahnya sebagai berikut :
1. Sebelumnya masuk dulu ke super user / root
2. Masukkan DVD Debian 6 yang ke satu
3. Lalu update repositori nya dengan mengetikan apt-cdrom add, lalu apt-get update
4. Lalu install NTP Servernya dengan mengetikan apt-get install ntp ntpdate seperti gambar dibawah ini lalu tekan Y, catatan : jangan lupa masukkan DVD Debian 6 yang ke satu.
5. Isikan ip address untuk Server NTP kita dengan mengetikan nano /etc/network/interfaces
6. Lalu simpan dengan menekan Ctrl+X lalu tekan Y lalu tekan Enter
7. Lalu restart interfacenya dengan mengetikan /etc/init.d/networking restart
8. Selanjutnya kita konfigurasi NTP nya dengan mengetikan nano /etc/ntp.conf
10. Selanjutnya tambahkan tanda # di depan tulisan "server", ada empat tulisan "server"
(Purwaningsih, Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP, 2015)
Cara Kerjanya
Setiap NTP mulai memeriksa file konfigurasi ( / etc / ntp.conf) untuk menentukan sumber syncronization, pilihan otentikasi, pilihan pemantauan, kontrol akses dan pilihan operasi lainnya. Hal ini juga memeriksa file frekuensi ( / etc / ntp / hanyut ) yang berisi data terbaru dari kesalahan frekuensi waktu. Apabila ditentukan, juga akan mencari file yang berisi kunci otentikasi ( / etc / ntp / kunci ). Path atau nama file-file konfigurasi ini dapat bervariasi dalam sistem anda.
Setelah daemon NTP aktif dan running, NTP akan beroperasi dengan pertukaran paket dengan server yang dikonfigurasi pada interval polling dan perilakunya akan tergantung pada penundaan antara waktu lokal dan server referensi.
Pertukaran paket berlangsung sampai server NTP diterima sebagai sumber sinkronisasi, yang memakan waktu sekitar lima menit. NTP daemon mencoba untuk mengatur jam dalam langkah-langkah kecil dan akan berlanjut sampai klien mendapatkan waktu yang akurat. Jika penundaan antara server dan klien cukup besar maka daemon akan menghentikan nya secara otomatis. (Fahrul, 2014)
Pengertian NFS
NFS (Network File System) adalah sebuah protokol berbagi pakai berkas melalui jaringan. NFS ini meng-share file ataupun resource melalui network atau jaringan tanpa peduli sistem operasi yang digunakan apa. (Halerehon, 2014)


Konfigurasi NFS
Setelah update repository, sekarang kita mulai masuk ke tahap konfigurasi nfs untuk server dan client. Nantinya disini saya akan konfigurasi menggunakan 2 cara yaitu menggunakan IP yang berdasarkan Network dan berdasarkan IP Clientnya saja.
1. Konfigurasi Server
a. Selanjutnya jika telah berhasil update, install paket NFS untuk Server dengan perintah apt-get install nfs-kernel-server nfs-common

b. Kemudian buat folder dimana nanti kita gunakan unutk melihat folder yang telah di share dengan perintah mkdir .
c. Lalu setelah itu, ubah file /etc/exports untuk menambahkan command line untuk sharing file nantinya.
2.       Konfigurasi Client
#apt-get install nfs-common
1.      Setelah itu buat sebuah folder dimana nanti akan digunakan untuk melakukan sharing.
2. Kemudian lakukan proses mounting yaitu proses dimana meletakkan folder atau file yang di sharing di server sehingga ada di client. Perintahnya adalah : mount IPSERVER:/folderserver /folderclient/ (Nunusiyunus, 2013)

Mengatasi masalah Sharing Printer atau File dalam Jaringan LAN

1.    Matikan /Non Aktifkan Firewall Komputer.
2.    Pada komputer windows xp klik Start > Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Pada Form Computer Management > klik System Tools > Local user and group > pilih user , jika name Guest nya dissable klik kanan Guest > Pilih Properties > Hilangkan Centang Account Is Disable > klik Tab Member Off > Klik Tombol Add > pada Form Select Groups klik Advanced> Klik Find Now > Kemudian pilih Semua Name hasil pencarian dengan cara klik kanan mouse (tahan) sampai terpilih semua nya


seperti gambar diatas. klik Ok.
kemudian lakukan langkah yang sama pada Groups untuk pilihan Guest dan Users.
Setelah itu buka file sharing/printer sharing pada jaringan LAN pada komputer dengan cara klik Start Menu >  Run > ketikkan IP Address komputer tujuan > misalnya //192.168.0.28, seperti gambar berikut:

 (Internasional, 2011)



BAB 20
Pemecahan masalah layanan DNS server
Review Pengenalan DNS server
DNS merupakan kependekan dari Domain Name System atau ada yang menyebut Domain Name Service (sama saja). DNS adalah sebuah sistem yang menerjemahkan alamat domain menjadi IP address.
DNS server adalah server yang dapat melayani permintaan dari client untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh sebuah domain.
DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. (4lrb, 2016)
Biasanya untuk menggunakan Server DNS, kita harus memasukan alamatnya dari server tersebut dalam pengaturan IP address di komputer kita.

cara kerja DNS (Domain Name System)
 DNS memerlukan beberapa program tambahan yaitu resolver. Resolver adalah program tambahan untuk komputer client agas bisa terhubung dengan DNS server.

Program Resolver yang digunakan adalah web browser atau mail client. sehingga untuk dapat mengakses DNS server user harus terlebih dahulu menginstall web browser atau mail client pada komputer mereka. 
 (Niko, 2016)
·         DNS resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS. Jika alamat host yang dicari sudah ditemukan dan diberikan, maka proses selesai.
·         DNS resolver melakukan pencarian pada data cache yang sudah dibuat oleh resolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya. Bila ada, kemudian disimpan dalam data cache lalu hasilnya diberikan dan selesai.
·         DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yang telah ditentukan oleh pengguna.
·         Server DNS ditugaskan untuk mencari nama domain pada cache-nya.
Apabila nama domain yang dicari oleh server DNS tidak ditemukan, maka pencarian dilakukan dengan melihat file database (zones) yang dimiliki oleh server.

Konfigurasi DNS Server
Sebelum konfigurasi baiknya terlebih dahulu file atau folder apa saja yang akan di konfigurasi, file yang akan dikonfigurasi :
·                     named.conf.local
·                     db.veri [db.local]
·                     db.tkjb [db.local]
·                     db.192
·                     named.conf.options
·                     resolv.conf
Setelah mengatahui file yang akan di konfigurasi, mari kita lakukan konfigurasi / cara membuat dns server. Caranya sebagai berikut :
1. Masuk ke folder bind terlebih dahulu : cd /etc/bind


2. Edit file named.conf.local : nano named.conf.local  lalu isikan perintah seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah save Ctrl+X > Y > Enter


3. Copy db.local ke db.veri dan db.xitkjb serta db.127 ke db.192, dengan perintah


4. Edit file db.veri ketik : 
nano db.veri 
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh :
 Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


5. Edit file db.xitkjb ketik :
 nano db.xitkjb
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : 
Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


6. Edit file db.192 : 
nano db.192
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : 
Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


7. Edit file named.conf.options ketik : 
nano named.conf.options
Hapus slash //, dan 0.0.0.0 ganti menjadi IP Address anda, misal : 192.168.1.32 Setelah itu Save


8. Edit file resolv.conf ketik : 
nano /etc/resolv.conf 


9. Restart Bind9 anda, ketik : /etc/init.d/bind9 restart


10. Pengujian DNS Server anda menggunakan perintah nslookup [nama domain]

 (Radianta, 2015)



Inbound link 
Inbound link adalah link yang mengarah atau menuju ke blog/situs Anda dari situs eksternal atau link dari situs atau blog lain yang ditargetkan ke blog Anda. Inbound link ini juga dikenal sebagai Backlink, atau backlink adalah sinonim dari kata inbound link. (Ekaphrp88, 2016)

Outbound Link
Outbound Link adalah sebaliknya yaitu link dari postingan kita atau homepage yang mengarah pada website orang lain. (ENTREPRENEUR, Pengertian inbond dan outbond link, 2014)



BAB 21
Pemecahan masalah layanan DHCP server
Review Pengenalan DHCP  server
Dynamic Host Configuration Protocol atau yang sering disingkat DHCP merupakan protokol client-server yang digunakan untuk memberikan alamat IP kepada komputer client/ perangkat jaringan secara otomatis.
DHCP server tidak hanya memberikan alamat IP saja, tetapi juga memberikan netmask, host name, domain name, DNS, dan alamat gatewaynya juga. Selain itu, DHCP server juga dapat memberikan parameter lain seperti time server dan lain sebagainya. (Zakaria, HomeNetworkingKetahui Pengertian DHCP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya, 2017)

Cara Kerja DHCP Server
DHCP menggunakan 4 tahapan proses untuk memberikan konfigurasi nomor IP. (Jika Client memiliki NIC lebih dari satu dan perlu no IP lebih dari satu maka proses DHCP dijalankan untuk setiap adaptor secara sendiri-sendiri)
1.IP Least Request
Client meminta nomor IP ke server (Broadcast mencari DHCP server).
2. IP Least Offer
DHCP server (bisa satu atau lebih server jika memang ada 2 atau lebih DHCP server) yang mempunyai nomor IP, memberikan penawaran ke client
tersebut.
3.IP Lease Selection
Client memilih penawaran DHCP Server yang pertama diterima dan kembali melakukan broadcast dengan message menyetujui peminjaman tersebut kepada DHCP Server
4. IP Lease Acknowledge
DHCP Server yang menang memberikan jawaban atas pesan tersebut berupa konfirmasi nomor IP dan informasi lain kepada Client dengan sebuah ACKnowledgment. Kemudian client melakukan inisialisasi dengan mengikat (binding) nomor IP tersebut dan client dapat bekerja pada jaringan tersebut. Sedangkan DHCP Server yang lain menarik tawarannya kembali. (Kusnadi, Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server, 2013)
Review konfigurasi dan instalasi DHCP server
1.  Klik Start –-> Administrative Tools –-> Server Manager –-> sehingga tampil jendela server manager. 
2.  Pilih Role kemudian klik add Roles.
3.  Pilih Server Roles.
4.  Beri tanda centang pada DHCP Server, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.
5.  Selanjutnya ditampilkan konfigurasi Network Connection Bindings, dan pilih Next.
6.  Masuk ke jendela Sepecify IPv4 Server settings, klik validate dan Next.
7.  Pada jendela Specify IPv4 WINS server settings lansung saja klik Next.
8.  Selanjutnya masuk kedalam jendela DHCP SCOPES, kik Add. 
9.  Kemudian tampil add scope, Setelah diisi klik OK dan Next.
10.                  Setelah itu akan masuk pada jendela konfigurasi DHCPv6 stateless mode,pilih disable DHCPv6 stateless mode for the server, lalu klik Next.
11.                  Setelah proses konfigurasi, maka tampil jendela konfirmasi konfigurasi DHCP Server, lanjutkan dengan klik install. Tunggu hingga selesai. (Sobarudin, 2015)


DHCP Client

Pengaturan protocol (ip address) dilakukan di client, apakah mode static atau dynamic, dhcp client meminta server untuk memberikan ip, sebelum client mendapatkan ip dynamic, client terlebih dahulu merequest ke server yang ada pada jaringan tersebut, dan server melakukan pemeriksaan terhadap client yang meminta ip dynamic, jika sesuai dan diperbolehkan maka server baru mengirimkan ip ke client. (BAGAS, 2015)

 

Prosedur pemecahan masalah DHCP server

1.Kesalahan Dalam Memasukkan IP server DHCP server

Kasus ini cukup sering ditemui dalam jaringan dengan server DHCP. Misalnya, apabila rentang alamat IP yang ditentukan dalam konfigurasi server DHCP adalah dari 192.168.1.1 hingga 192.168.1.100, maka setiap komputer klien yang terhubung ke jaringan ini akan mendapatkan IP secara otomatis dalam rentang tersebut. Namun, ada suatu saat satu atau dua komputer yang mendapati IP yang berbeda seperti 169.254.X.X setelah melihat konfigurasi IP nya melalui ipconfig, untuk windows, atau ifconfig, untuk klien Linux. inilah yang sering terjadi pada saat melakukan instalasi DHCP-server.

Cara Mengatasinya :

Apabila dalam satu jaringan jika ada komputer klien yang mendapati IP berbeda dari rentang alamat DHCP, maka dapat dipastikan bahwa pemberian alamat tersebut bukan berasal dari server DHCP. Alamat tersebut diberikan oleh layanan APIPA (Automatic Private IP Addressing) di komputer klien.
Ada dua kemungkinan permasalahan yakni pada komputer client dan pada server DHCP itu sendiri. bisa dikatakan permasalahan dalam kabel yang digunakan untuk terhubung ke jaringan.

2. PERMASALAHAN UMUM DHCP-SERVER

Apabila hampir semua komputer klien kesulitan untuk mendapat alamat IP, boleh jadi permasalahan ada pada server DHCP. Apabila demikian perbaikannya dapat dimulai dengan melakukan tes status koneksi server DHCP ke jaringan menggunakan ping. Pastikan terlebih dahulu kalau alamat IP server DHCP sesuai dengan subnet yang digunakan saat ini, misalnya jika subnet yang digunakan saat ini adalah 192.168.1.1/24 maka alamat IP server seharusnya berada pada rentang IP dari 192.168.1.100 hingga 192.168.0.254.Selain itu pastikan konfigurasi server DHCP telah sesuai terutama pada rentang alamat IP yang disewakan ke klien. Rentangnya juga harus berada pada subnet yang sama di jaringan tersebut.

3. DUPLIKASI (KONFLIK) ALAMAT IP KLIEN

Walaupun langka namun kejadian juga dapat terjadi, dimana ada lebih dari satu komputer memiliki alamat IP yang sama dalam satu jaringan. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya klien yang menggunakan alamat statis dan dapat juga karena keberadaan server DHCP lain yang memiliki rentang alamat IP saling beririsan. (Wacana, 2016)



BAB 22
Pemecahan masalah layanan ntp server
Review Pengenalan ntp server
NTP Server adalah kepanjangan dari Network Time Protokol, sebuah protokol untuk meng sinkronkan sistem waktu pada komputer terhadap sumber yang akurat melalui jaringan intranet atau internet.
NTP Server sendiri adalah sebuah server yang meng sinkronkan waktunya terhadap sumber waktu akurat dan mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta. (Muklhis, 2015)

Fungsi NTP
Network Time Protocol (NTP) berfungsi untuk mensingkronkan waktu client dengan server. Supaya waktu atau jam dapat sama persis. NTP berjalan pada protocol UDP, yang bersifat ringan dan unreliable. NTP Server, sangat berperan penting jika jumlah computer sudah melampaui batas, agar semua waktu berjalan serentak pada setiap computer. (newbie, 2015)

Cara kerja 
NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya. NTP menggunakan sistem hirarki dalam bekerja dan melakukan sinkronisasinya. Sistem hirarki ini menggunakan istilah Clock stratum atau strata untuk menggambarkan tingkatan-tingkatannya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sebuah perangkat NTP akan secara otomatis memilih perangkat dengan nilai stratum yang paling kecil untuk mendapatkan update pencatatan waktunya. Dengan demikian, maka tidak perlu melakukan mekanisme pemilihan rumit untuk mendapatkan tree dari NTP yang teratur dalam sebuah jaringan besar. Protokol NTP tetap bekerja dengan baik dalam melakukan sinkronisasi antara client dengan server-nya, meskipun melewati berbagai media. Tampaknya NTP tidak membeda-bedakan media cepat, media lambat, media padat, media kosong, dan sebagainya. (Purwaningsih, Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP, 2016)



Review konfigurasi dan instalasi ntp server
Instalasi:
Ketikan perintah berikut untuk menginstal NTP Server:
root@tkjsmkn2pdg:~# apt-get install ntp
Konfigurasi:
Secara default file konfigurasi NTP server terdapat pada /etc/ntp.conf,
Editlah file tersebut untuk melakukan perubahan pada parameter yang diinginkan.
Untuk membuat NTP server lokal, dilakukan pengaturan berikut :
·         Masuklah kedalam file konfigurasi ntp dengan mengetikkan perintah:
root@tkjsmkn2pdg:~#  nano /etc/ntp.conf
·         Non aktifkan komunikasi dengan server ntp luar pada file ntp.conf sesuai dengan kebutuhan, dengan memberikan tanda pagar (#), sehingga menjadi seperti berikut :
·         Cari dan tambahkan parameter berikut dibawah kalimat
#restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust”:

Keterangan:

restrict dan mask sesuaikan dengan alamat jaringan server yg terhubung ke client.
·         Setelah itu Simpan (CTRL+X -> Y -> Enter)
·         Kemudian restart NTP, dengan mengetikan perintah:
root@tkjsmkn2pdg:~# service ntp restart
·         Lalu cek hasil konfigurasi tadi dengan mengetikan perintah:
root@tkjsmkn2pdg:~# ntpq –p
·         Jika muncul seperti ini, berarti Konfigurasi NTP anda sudah benar.
(PANDEGLANG, 2016)

Prosedur pemecahan masalah ntp server
1.      Troubleshooting Layanan Ntp Server v Pengguna NTP sangat disarankan untuk segera mengambil tindakan untuk memastikan bahwa daemon NTP mereka tidak rentan untuk digunakan dalam tercermin denial - of- service ( DRDoS ) serangan . Silakan lihat Pemberitahuan NTP Keamanan untuk kerentanan dan rincian mitigasi , dan Network Time Yayasan Blog untuk informasi lebih lanjut. ( Januari 2014 ) refactor See TroubleshootingNTPDev untuk diskusi tentang topik ini . 9 . Troubleshooting NTP Hal pertama yang pertama . Pastikan Anda memiliki jaringan NTP Anda dirancang dengan baik . Juga pastikan Anda memiliki NTP dikonfigurasi dengan benar . Jika file ntp.conf Anda tidak memiliki pilihan iBurst ditentukan di dalamnya , kemungkinan yang baik sebenarnya Anda tidak benar dikonfigurasi NTP . Informasi dari 9,4 . Status Memeriksa ntpd ' s harus menjadi panduan yang sangat baik tentang bagaimana ntpd baik bekerja untuk Anda dan di mana untuk mencari masalah . 9 . Troubleshooting NTP 9.1 . Masalah Hardware Dikenal 9.2 . Dikenal Sistem Operasi Masalah 9.3 . Daylight Saving Time 9.4 . Status Memeriksa ntpd ' s 9.5 . On-line Troubleshooting Utilities 9.6 . Periksa output syslog 9.7 . Masalah dengan MEMBATASI baris 9.8 . Periksa port NTP 9.9 . ntp.conf dan dhcp 9.10 . sinkronisasi ntp dengan server yang menjalankan w32time (Eddy_TKJ, 2016)






DAFTAR PUSTAKA

 

(n.d.). Retrieved from file:///C:/Users/TKJ/Downloads/4&5.%20Data%20Link%20Layer%20(2).pdf
4lrb. (2016, Mei 5). PENGERTIAN, FUNGSI, DAN MANFAAT DNS (DOMAIN NAME SYSTEM). Retrieved from 4 Learn Blog: https://4lrb.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-fungsi-dan-manfaat-dns.html
Adhyaksa, A. (2012, april 16). Cara Mengatasi Flashdisk (USB) Tidak Terbaca Komputer. Retrieved from ADHYAKSA: https://agungadhyaksa.blogspot.co.id/2012/04/cara-mengatasi-flashdisk-usb-tidak-terbaca.html
Admin. (2010, November 2). Mengenal Perbedaan Hub, Switch, Bridge dan Router. Retrieved from catatanteknisi: http://www.catatanteknisi.com/2010/11/perbedaan-hub-switch-bridge-router.html
ADMIN. (2013, Oktober 13). Antena WiFi Dan Jenis Antena Wifi. Retrieved from JARINGAN KOMPUTER: http://jaringankomputer.org/antena-wifi-omni-antenadirectional/
Amalia, P. (2016, Oktober 9). TROUBLESHOOTING JARINGAN ( LAPISAN APLIKASI PADA WAN ). Retrieved from Amaliaputri: http://putriamalia5.blogspot.co.id/2016/10/8-troubleshooting-jaringan-lapisan.html
ANANDA, F. D. (2015, Mei 15). Pengertian dan Cara Network File Sharing (NFS). Retrieved from FELLYADR: http://felly-adr.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-cara-network-file.html
Aqim, M. ( 2014, Maret 25). Pengertian Netware. Retrieved from Belajar TI: http://belajarinfo341.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-netware.html
Aqim, M. (2014, Maret 25 ). Pengertian Netware. Retrieved from Belajar TI: http://belajarinfo341.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-netware.html
ARIANSYAH, J. (2015, MEI 19 ). pengertian apa itu inbound link dan outbound link. Retrieved from Seoku.org: http://www.seoku.org/2015/05/pengertian-apa-itu-inbound-link-dan.html
Art, M. (2016, januari 18). Cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi/terbaca di komputer/laptop. Retrieved from Tekno Logika Ku: http://www.teknologikaku.com/2016/01/cara-mengatasi-modem-tidak-terdeteksi.html
Azizah, N. (2014, Juni 6). Access Point Ubiquity PicoStation M2HP. Retrieved from --NADIFA DIVA APRILIA--: http://nadifadiva.blogspot.co.id/2015/09/konfigurasi-pico-antenna.html
BAGAS. (2015, Maret 3). Apa itu DHCP Server Dan DHCP Client. Retrieved from BAGAS TITIK: http://bagas-hack.blogspot.co.id/p/pengertian-atau-penjelasan-dhcp-server.html
base, Q. m. (2010, April 17). Cara Melakukan traceroute. Retrieved from Qwords.com: https://kb.qwords.com/2010/04/cara-melakukan-traceroute/
Base, Q. M. (2010, Apri 17). Cara Melakukan traceroute. Retrieved from Qwords.com: https://kb.qwords.com/2010/04/cara-melakukan-traceroute/#
Blog, L. (2010, MARET 17). LAPISAN - LAPISAN PROTOKOL. Retrieved from Piku's Blog: http://lupicantik.blogspot.co.id/2010/03/lapisan-lapisan-protokol.html
Blogger, C. (2015, November 11). PEMECAHAN MASALAH LAYANAN FTP SERVER. Retrieved from PEMECAHAN MASALAH LAYANAN FTP SERVER: https://kadal31.blogspot.co.id/2016/11/pemecahan-masalah-layanan-ftp-server.html
Brader, R. (2013, Desember 12). Konfigurasi Web Server Pada Linux Debian CLI. Retrieved from Blog Regi Brader: http://www.regibrader.com/2013/12/konfigurasi-web-server-pada-linux.html
Dani, S. R. (2011, November 11). Instalasi Dan Konfigurasi SSH dan SFTP. Retrieved from WELCOME: http://cladea4ever.blogspot.co.id/2011/10/instalasi-dan-konfigurasi-ssh-dan-sftp.html
Dexvils. (2014, January 21). Pengertian, Fungsi dan Penjelasan PING dan TTL. Retrieved from DEXVILS: https://dexvils.wordpress.com/2014/01/21/pengertian-fungsi-dan-penjelasan-ping-dan-ttl/
Eddy_TKJ. (2016, OKTOBER 3). TROUBLESHOOTING LAYANAN NTP SERVER. Retrieved from TROUBLESHOOTING LAYANAN NTP SERVER: http://www.slideshare.net/Eddy_TKJ/troubleshooting-layanan-ntp-server
Ekaphrp88. (2016, April 29). Definisi Inbound dan Outbound. Retrieved from Untung Rahardja: http://untungrahardja.ilearning.me/2016/04/29/definisi-inbound-dan-outbound/
ENTREPRENEUR, K. (2014, Agustus 8). Pengertian inbond dan outbond link. Retrieved from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
ENTREPRENEUR, K. (2014, Agustus 8). Pengertian Inbound dan Outbound Link. Retrieved from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
Fahrul, H. (2014, Oktober 10). Cara Kerja NTP (Network Time Protocol) Server. Retrieved from Harian Fahrul: http://harianfahrul.blogspot.co.id/2014/10/konfigurasi-ntp-network-time-protocol.html
Fathoni, A. (2007, September 2). Pengertian. kekurangan kelebihan Token Ring. Retrieved from This Is My Blog: http://anangfathoni.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-kekurangan-kelebihan-token.html
Febrianto, D. (2014, Maret 10). Pengertian APPLICATION LAYER. Retrieved from Selamat Datang Selamat Membaca: http://dwifebriantoadmojo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-application-layer.html
febrianto, D. (2014, Maret 12 ). Pengertian PRESENTATION LAYER. Retrieved from Selamat Datang Selamat Membaca: http://dwifebriantoadmojo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-presentation-layer.html
Febrianto, D. (2014, Maret 12). Pengertian PRESENTATION LAYER. Retrieved September 21, 2016, from Selamat Datang Selamat Membaca: http://dwifebriantoadmojo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-presentation-layer.html
FELLYADR. (2011, November 11). Pengertian dan Cara Kerja Network Time Protocol (NTP). Retrieved from Thx for visiting my blog: http://felly-adr.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-cara-kerja-network-time.html
GMBH, C. V. (2011, Mei 2). SPX II. Retrieved from ValentinDRUCKSYSTEME: http://www.carl-valentin.de/en/products/print-engines/spx-ii/overview/
Habibie, R. (2012, JULI 2). Seputar X Window, Window Manager dan Desktop Environment Pembangun GUI GNU/ Linux. Retrieved from Untuk Kami: https://untukkami.wordpress.com/2012/07/02/seputar-x-window-window-manager-dan-desktop-environment-pembangun-gui-gnu-linux/
Halerehon, N. (2014, Desember 2). Pengertian NFS. Retrieved from TEMPAT BELAJAR: http://nikanushalerehontkjb.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-nfs.html
Hendri. (2014, September 9). Cara Mengatasi dan Mempercepat Internet yang Lambat. Retrieved from Cara Mengatasi dan Mempercepat Internet yang Lambat: http://hedryiks.blogspot.co.id/2014/09/cara-mengatasi-dan-mempercepat-internet.html
Hidayat, R. (2015, December 15, ). Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Retrieved from Kita Punya: http://www.kitapunya.net/2015/12/pengertian-fungsi-http.html
Hidayat, R. (2015, Desember 15). Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) . Retrieved from http://www.kitapunya.net/2015/12/pengertian-fungsi-http.html
Huda, N. (2015, juli 19). Pengertian IP Header. Retrieved from PENGERTIAN: http://www.pengertianpengertian.com/2013/10/pengertian-ip-header.html
Husen'tz, M. (2014, Mei 5). Materi Troubleshooting Kelas XII. Retrieved from Berbagi Ilmu: http://muhammadhusent.blogspot.co.id/2015/09/materi-troubleshooting-kelas-xii.html
Husen'tz, M. (2015, SEPTEMBER 07 ). Materi Troubleshooting Kelas XII. Retrieved from Berbagi Ilmu: http://muhammadhusent.blogspot.co.id/2015/09/materi-troubleshooting-kelas-xii.html
Indonesia, P. C. (2015, Agustus 20). Pengertian Web Server dan Fungsinya. Retrieved from IDCloudHost: https://idcloudhost.com/pengertian-web-server-dan-fungsinya/
Internasional, A. ( 2011, December 6). Mengatasi masalah Sharing Printer atau File dalam Jaringan LAN. Retrieved from Serba/! Teknologi dan Informasi: https://agara-net.blogspot.co.id/2011/12/mengatasi-masalah-sharing-printer-atau.html
IT, S. ( 2010, Juli 22). Protocol Jaringan Komputer - IPX/SPX. Retrieved from SyRwa Community IT: http://syrwacomunityit.blogspot.co.id/2010/07/protocol-jaringan-komputer-ipxspx.html
Kamusonline. (2013, Mei 5). SMB / Server Message Block. Retrieved from Kamus TI Online: http://kamusonline49.blogspot.co.id/2011/01/smb-server-message-block.html
KomGet. (2013, Mei 27). Apa Itu Wireless Repeater & Apa Bedanya Dengan Wireless Range Extender ? Retrieved from KomGet: http://komget.blogspot.co.id/2013/05/apa-itu-wireless-repeater.html
Kompie, B. (2013, Agustus 28). Pengertian troubleshooting. Retrieved from Belajar Kompie: https://belajarkompie.wordpress.com/2013/08/28/pengertian-trobleshooting/
Kuncara, P. (2013, April 25). Cara Melakukan Trace Route Pada Windows, Linux Dan Mac OS. Retrieved from Cara Melakukan Trace Route Pada Windows, Linux Dan Mac OS: http://klikhost.com/cara-melakukan-trace-route-pada-windows-linux-dan-mac-os/
Kurnia, F. H. (2015, Oktober 10). MAKALAH. Retrieved from Laskar of Katumbiri: http://go-blog03.blogspot.co.id/2015/10/makalah-troubleshooting-jaringan.html
Kurniawan, A. (2016, September 13). 04-Pemecahan Masalah Lapisan Transportasi Jaringan LAN. Retrieved from SEPUTAR ILMU GHAIB KOMPUTER: http://www.multifunplay.com/2016/08/04-pemecahan-masalah-lapisan.html
Kusnadi, E. (2013, Oktober 2). Pengertian dan fungsi Telnet (Telecommunication Network). Retrieved from MYPCTOTUREL: http://mypctutorel.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-dan-fungsi-dari-telnet.html
Kusnadi, E. (2013, September 5). Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server. Retrieved from MYPCTOTUREL: http://mypctutorel.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-cara-kerja-dan-fungsi-dhcp.html
Listiyono, E. (2013, Juni 30). Kelebihan dan Kekurangan Protokol TCP dan UDP. Retrieved from Bencerdas: http://ekolistiyono.my.id/2013/06/kelebihan-dan-kekurangan-protokol-tcp-dan-udp/
M.Kom, O. (2015, December 22). Pengertian HTTP dan HTTPS. Retrieved from DosenIT.com: http://dosenit.com/jaringan-komputer/internet/pengertian-http-dan-https
Maulana, A. (2016, Oktober 28). Pemecahan Masalah lapisan fisik jaringan WAN. Retrieved from Ketemu Neh: http://ketemuneh.blogspot.co.id/2016/10/pemecahan-masalah-lapisan-fisik.html
Maxsinoda. (2015, Juli 19). Konfigurasi Mail Server {Linux Debian}. Retrieved from Maxsinoda's Weblog: https://maxsinoda.wordpress.com/konfigurasi-mail-server-linux-debian/
mayori, F. y. (n.d.). Pemecahan masalh data link layer LAn. Retrieved from SHARE ZONE 99 ERFOLG: http://fandhijulianerfolg.blogspot.co.id/2016/08/pemecahan-masalh-data-link-layer-lan.html
Mizzhack. (2013, Juli 12). Apa itu X Window. Retrieved from Mizzhack: http://mizzhack.blogspot.co.id/2008/12/apa-itu-x-window.html
Muklhis, A. (2015, APRIL 5). Pengertian NTP Server Dan Cara Konfigurasi NTP Server Di Debian 7.7. Retrieved from Amir mukhlis: http://amirmukhlisss.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-ntp-server-dan-cara.html
Mulyadi. (2010, Agustus 5). Apa yang dimaksud TCP/IP. Retrieved from Mulyadi: http://mulyadyadi.blogspot.co.id/2010/08/apa-yang-di-maksud-dengan-tcpip.html
Nahdillah. (2012, Februari 2). Pengertian IPX/SPX. Retrieved from Al Ikhsan Blog Anak Buton: http://nahdillah.blogspot.co.id/2012/02/pengertian-ipxspx.html
Netipli. (2014, november 18). Cara Memperbaiki USB Flashdisk/Modem Tidak Terdeteksi/Terbaca Oleh Komputer/Laptop. Retrieved from pendaftaranonlinemahasiswabaru: http://www.pendaftaranonlinemahasiswabaru.com/2014/11/cara-memperbaiki-usb-flashdiskmodem.html
newbie, S. (2015, MARET 2). Fungsi NTP Server. Retrieved from Sekedar newbie: http://www.sekedarnewbie.id/2016/11/fungsi-ntp-server.html
Niko. (2016, Oktober 31). Pengertian dan Penjelasan Tentang DNS Server Lengkap. Retrieved from PintarKomputer: http://www.pintarkomputer.com/pengertian-dan-penjelasan-tentang-dns-server-lengkap/
NunaLinda. (2013, Juni 22). Company Standart Protocol. Retrieved from LyndzZ's Blog: http://nunalinda.blogspot.co.id/2013/06/company-standard-protokol-2.html
Nunusiyunus. (2013, Oktober 5). Konfigurasi Network File Sharing (NFS). Retrieved from Ilmu Bikin Happy :): https://nunusiyunus.wordpress.com/2013/10/05/755/
Onthoni, G. (2012, Januari 18). PENGERTIAN RESPONSE TIME. Retrieved from PENGERTIAN RESPONSE TIME (WAKTU TANGGAP): http://nurrhasanah32.blogspot.co.id/
Panarobost. (2011, April 4). SAP (Service Advertising Protocol). Retrieved from irwan panarobost: http://irwanpanarobost.blogspot.co.id/2011/04/sap-service-advertising-protocol.html
PANDEGLANG, S. N. (2016, JUNI 1). Instalasi dan Konfigurasi NTP Server di Debian. Retrieved from TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 PANDEGLANG: http://tkj-135.web.id/blog/instalasi-ntp-server-debian/
Prabelism. (2014, Juni 1). Definisi Dari MTU. Retrieved from ONLINE MAGAZINE: http://prabelism.blogspot.co.id/2009/09/definisi-dari-mtu.html
Purwaningsih, C. (2015, April 6). Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP. Retrieved from Catur Purwaningsih: http://caturpurwaning.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-ntp-cara-kerja-ntp-dan.html
Purwaningsih, C. (2016, Juli 19). Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP. Retrieved from Catur Purwaningsih: http://caturpurwaning.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-ntp-cara-kerja-ntp-dan.html
R, R. A. (2015, Desember 1). PENGERTIAN, KARAKTERISTIK, DAN CARA KERJA UDP. Retrieved from RUSMANA BLOG: http://www.rusmanablog.web.id/2015/11/pengertian-karakteristik-dan-cara-kerja-udp.html
Radianta, V. (2015, Mei 3). Tutorial Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian. Retrieved from BEGAL TECHNOLOGY: http://begal-tech.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-cara-membuat-konfigurasi-dns.html
Rahma. (2015, Mei 2). WEB BROWSER. Retrieved from PENGERTIAN WEB BROWSER: http://rahma099c.blogspot.co.id/
Rizaldy, R. (2013, April 4). Mengenal X Window System. Retrieved from RENDTKJ2: https://magneticinfo.blogspot.co.id/2013/04/mengenal-x-window-system.html
Romanisti, D. (2015, Juni 4). PROTOKOL NETWARE. Retrieved from AeroTIK: http://aerotik.blogspot.co.id/2014/03/protokol-netware.html
Romansyah, B. (2012, Oktober 22 ). PENGERTIAN ENCODING. Retrieved from betry romansyah: http://beecry.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-encoding.html
Rosita, T. (2016, Oktober 9). TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK JARINGAN WAN. Retrieved from TROUBLESHOOTING JARINGAN: http://trojartitinrositaxiitkj2.blogspot.co.id/2016/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_9.html
Rosita, T. (2016, Oktober 9). TROUBLESHOOTING LAPISAN FISIK JARINGAN WAN. Retrieved from TROUBLESHOOTING JARINGAN: http://trojartitinrositaxiitkj2.blogspot.co.id/2016/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_9.html
S.Kom, D. (2016, September 21). 6 Fungsi Presentation Layer Jaringan Komputer. Retrieved September 21, 2016, from DosenIT.com: http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/fungsi-presentation-layer-jaringan-komputer
S.Kom, D. (2016, Januari 16). Application Layer Jaringan Komputer. Retrieved from DosenIT.com: http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/application-layer-jaringan-komputer
Sabil, K. (2013, Oktober 1). pengertian X-WINDOW. Retrieved from Tugas-tugas kuliah: http://sabilkhusna.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-x-window.html
semangat, A. (2012, Desember 13). SEJARAH TCP/IP. Retrieved from Ana semangat SeMaNgAT mERaIH iMpiAn : SEJARAH TCP/IP
Septiana, I. (2013, Desember 3). OSI Presentation Layer. Retrieved September 21, 2016, from Distance Learning (E-Learning): http://e-learning-teknologi.blogspot.co.id/2012/12/osi-presentation-layer.html
Setiawan, A. (2011, Januari 3). Pengertian ICMP (Internet Control Message Protocol). Retrieved from transiskom: http://www.transiskom.com/2011/03/pengertian-icmp-internet-control.html
Sobarudin, A. (2015, MEI 5). langkah - langkah instalasi dan konfigurasi DHCP Server pada Windows Server 2008. Retrieved from SETIAP MASALAH PASTI ADA SOLUSI: http://sobarudinfile.blogspot.co.id/2015/06/langkah-langkah-instalasi-dan.html
Somba, T. (2014, September 12). Pengenalan Router. Retrieved from Teknik Komputer Dan Jaringan SMK BHAKTI Loa Janan: http://tasiksomba.blogspot.co.id/2014/09/pengenalan-router.html
Srg, I. (2015, April 7). Antena Grid. Retrieved from Berbagi.com: http://ismaelsrg4.blogspot.co.id/2012/10/antena-grid.html
Strife, R. (2013, Maret 10). pengertian SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol). Retrieved from Ilmu Mahasiswa: http://rudi-strife.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-smtp-simple-mail-tranfer.html
Sugeng, M. (2013, Maret 1). Trivial File Transfer Protocol (TFTP). Retrieved from ContohdanFungsi: https://contohdanfungsi.blogspot.co.id/
Suhartono, R. (2014, June 30). Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol). Retrieved from Computer Network: http://net.itmaranatha.org/2014/06/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp-file-transfer-protocol/
Support.google. (2014, Maret 4). Menghubungkan ke perangkat Bluetooth. Retrieved from Bantuan Chromebook: https://support.google.com/chromebook/answer/2587653?hl=id
SWEET, W. (2014, Agustus 6). Pengertian Mail Server, DHCP, DNS, FTP, dan Proxi Server. Retrieved from Open Source Center: http://teknoopensource.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-mail-server-dhcp-dns-ftp-dan.html
Sweetpink, M. (2011, Mei 12). IPX (Internetwork Packet Exchange). Retrieved from Marga Sweetpink: http://ozzysweetpink.blogspot.co.id/2014/05/ipx-internetwork-packet-exchange.html
Technet. (2013, Juli 4). NetBIOS Over TCP/IP. Retrieved from Microsoft TechNet: https://technet.microsoft.com/en-us/library/cc940063.aspx
Tongue, T. (2001, Agustus 2). Classifying the problem. Retrieved from Procedures for Web Server Troubleshooting: http://www.thomastongue.com/Writing/Troubleshooting.html
Wacana, R. (2016, April 3). Troubleshooting DHCP Server pada Debian. Retrieved from Troubleshooting DHCP Server pada Debian: http://rumahwacana.com/blog/troubleshooting-dhcp-server-pada-debian/
wahyuni, s. (2015, Oktober 09 ). IEEE Lapisan Mac 48-bit Adressing. Retrieved from Blogku: http://sriblogku.blogspot.co.id/2015/10/ieee-lapisan-mac-48-bit-adressing.html
wandi. (2009, juni 19). Deteksi dan koreksi kesalahan. Retrieved from komunikasi data: http://wanditurnip.blogspot.co.id/2009/06/deteksi-dan-koreksi-kesalahan.html
Wikihow. (2013, Juli 19). Cara Memaksimalkan Kecepatan Koneksi Internet Anda. Retrieved from Wikihow: http://id.wikihow.com/Memaksimalkan-Kecepatan-Koneksi-Internet-Anda
Wikipedia. (2015, Januari 10). Fast Ethernet. Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Fast_Ethernet
Winasis, G. A. (2014, Agustus 27). Protokol Novell Netware . Retrieved from Mampir Dulu :D: http://galihadilia121213.blogspot.co.id/2014/03/protokol-novell-netware_14.html
Winter, O. (2014, Januari 13). BAGAIMANA CARA KERJA WEB SERVER. Retrieved from Bptw: http://opraywinter.blogspot.co.id/2013/08/bagaimana-cara-kerja-web-server.html
Wordpress. (2015, Desember 16). Pengertian Access Point dan Fungsinya. Retrieved from Wordpress Mode: http://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html
Yuanda, O. K. (2015, September 3). INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP SERVER. Retrieved from Meja Belajar Okyuanda: http://mb-okyuanda.blogspot.co.id/2015/03/instalasi-dan-konfigurasi-ftp-server.html
Yuniarka, R. (2016, Januari 1). NetBIOS over IPX, NetBIOS over TCP / IP, NetWare layanan iklan protokol (SAP). Retrieved from RAHMA'S WORLD: http://rahma-happy-world.blogspot.co.id/2016/01/netbios-over-ipx-netbios-over-tcp-ip.html
yuniarti, y. (02 Desember 2014). TROUBLESHOOTING JARINGAN. Retrieved from jaringan komputer: http://yyuniarti4.blogspot.co.id/2014/12/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Zakaria, M. (2016, Mei 15). Ketahui Pengertian FTP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya. Retrieved from NESABA MEDIA: http://www.nesabamedia.com/pengertian-ftp/
Zakaria, M. (2017, Januari 1). HomeNetworkingKetahui Pengertian DHCP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya. Retrieved from NESABA MEDIA: http://www.nesabamedia.com/pengertian-dhcp/
Zulhijah, S. (2010, Juli 5). Pengertian DHCP. Retrieved from Situi Zulhijah: https://izulmen.wordpress.com/dhcp-dynamic-host-configuration-protocol/




RIWAYAT HIDUP

Nama Lengkap                        :           Nur Hanifah Yuliyani
Tempat, Tanggal Lahir            :           Kendal, 19 Juli 1999
Domisili                                   :           Blitar, Jawa Timur
Jenis Kelamin                          :           Perempuan
Umur                                       :           17
Agama                                     :           Islam
Sekolah                                   :           SMK ISLAM 1 BLITAR
Email                                       :           haniyuli28@gmail.com
Motto                                      :           Awali belajar dengan Senyuman, karena Senyuman
adalah sebuah cara sederhana untuk menikmati hidup.











1 komentar:

  1. jasa instalasi jaringan lan kantor

    Matahari komputer. adalah sebuah perusahaan yang bergerak di
    bidang service komputer,laptop,printer,installasi jaringan dan design
    website. kami melayani jasa instalasi jaringan lan kantor seperti
    kantor,warnet,sekolahan,cafe,kos kosan dan gedung. bila anda ingin membangun sebuah jaringan local komputer,wifi/hostpot
    silahkan hubungi kami Hub : 081294209696


    Berkut ini adalah pemasangan yang biasa di temui:

    1. Installasi jaringan lan baru
    2. installasi jaringan Wifi
    3. Pemasangan router/Wifi tambahan
    4. Install Billing System untuk warnet
    5. Pembagian bandwidth untuk komputer
    6. Installasi wifi/hospot mikrotik
    7. Installasi jaringan telephone Pabx
    8. Sharing Printer / data
    9. Setting IP static / dynamic
    10. Setting mikrotik
    11. Pasang wifi untuk kosan


    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com/jasa_instalasi_jaringan_lan_kantor.html

    BalasHapus