Selasa, 10 Januari 2017

Pemecahan masalah layanan FTP server

Materi 18. Pemecahan masalah layanan FTP server

Pengertian FTP
FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.
FTP berkerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server, yaitu protokol TCP
perbedaan antara FTP client dan FTP server
FTP server merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman/ tukar menukar data kepada FTP client dengan syarat FTP client harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP server.
Sedangkan FTP client merupakan komputer/ perangkat yang meminta layanan tukar menukar data kepada FTP server. Setelah terkoneksi dengan FTP server, FTP client dapat melakukan proses download, upload dan lain sebagainya sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh FTP server sebelumnya. (Zakaria, 2016)

Pengertian TFTP
TFTP merupakan sebuah protokol sederhana untuk transfer file antar komputer yang sama maupun berbeda jaringan. TFTP menggunakan protokol UDP sebagai transport karena tidak membutuhkan terciptanya koneksi sebelum permintaan transfer file dapat terlaksana. Karena menggunakan protokol UDP yang tidak membentuk koneksi sebelum berhubungan, maka keamanan dalam pengiriman data tidak dapat dijamin. (Sugeng, 2013)

INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP SERVER

turotial tentang bagaimana cara instalasi dan konfigurasi FTP server. Untuk itu siapkan virtual machine/virtual box/sejenisnya yang sudah terinstall Debian 6.  

1. Buka terminal root, lalu ketikkan perintah

    apt-get install proftpd
Install ftp server

Pilih standalone
2. Sekarang coba akses alamat ftp://ip.address.server/pada browser client. Jika muncul permintaan login seperti di bawah ini, berarti instalasi sudah berhasil.
Instalasi FTP success
3. Cek isi direktori /home, disitu akan terdapat user ftp.
User FTP
4. Bukalah file /etc/proftpd/profpd.conf menggunakan teks editor. Perintahnya nano /etc/proftpd/proftpd.conf . Kemudian temukan baris # DefaultRoot dan hilangkan tanda pagar didepannya dan simpan file konfigurasi. 
Hilangkan tanda # di depan DefaultRoot
5. Kemudian restart service ftp dengan perintah /etc/init.d/proftpd restart

/etc/init.d/proftpd restart
6. Untuk membuat anonymous ( jadi kalo kita mau akses ngga perlu login ) ftp server, edit kembali file /etc/proftpd/proftpd.conf. Cari sintak – sintak seperti gambar dibawah ini dan hilangkan semua tanda pagar di depan setiap sintak mulai baris “Anonymous~ftp>” sampai baris <Anonymous>.
Hilangkan tanda #
7. Simpan file konfigurasi dan restart service proftpd. Akses kembali FTP server pada browser client dan lihat hasilnya, apakah harus login atau tidak.
8. Agar user ftp mengizinkan hak aksesnya. Kita harus melakukan chmod terlebih dahulu dengan perintah chmod 777 ftp.
chmod 777 FTP
9. Saat login anonymous diaktifkan,sebenernya setiap pengguna yang mengakses ftp juga tetap menggunakan user. Hanya saja, tidak nampak. User yang kita gunakan saat melakukan akses anonymous adalah ftp. Sedangkan direktori “/home/ftp” merupakan home directory dari user ftp. Jadi jika kita ingin mengganti direktori yang diakses saat login ftp, kita hanya perlu mengarahkan home directory user ke direktori yang diinginkan. Contoh : mengganti home directory user ftp dari direktori /home/ftp ke direktori /var/www Usermod –d /var/www/ ftp. Kemudian akses ftp server melalui browser.
/var/www
10. Install filezilla pada client. Cobalah melakukan koneksi ke server ftp. Buka filezilla lalu cobalah mengupload file  (misalnya kita upload folder IP Calculator)
Upload lewat filezilla
11. Setelah itu akses kembali melalui browser client (ini adalah folder yang diupload melalui filezilla tadi)
folder yang di upload .
(Yuanda, 2015)

SFTP 

SFTP (Secure File Transfer Protocol) adalah proses transfer file yang menggunakan protocol
SSH. Disini akan membahas bagaimana caranya mengkonfigurasi SFTP pada Ubuntu. Konfigurasi SFTP dengan konfigurasi pada terminal.
Buatlah sebuah group untuk user. Misalnya sftponly
pras@zones:~$ sudo groupadd sftponly
Setelah itu tambah user ke group tersebut
pras@zones:~$ sudo adduser pras sftponly
Install open-ssh jika belum terinstall dengan mengetikkan
pras@zones:~$ sudo apt-get install openssh-server
Setelah itu setting konfigurasi
pras@zones:~$ sudo nano /etc/ssh/sshd_config
Edit default
Subsystem sftp /usr/lib/openssh/sftp-server
menjadi
Subsystem sftp internal-sftp
Kemudian di bagian bawah tambahkan
Match group sftponly

ChrootDirectory /home/%u
X11Forwarding no

AllowTcpForwarding no

ForceCommand internal-sftp
Untuk dapat diakses ketikkan
pras@zones:~$ sudo chown root.root /home/pras
Untuk login sebagai user ketikkan
pras@zones:~$ sudo usermod -d / pras
(Dani, 2011)

Pemecahan masalah layanan ftp server

Troubleshooting pada FTP. Pesan error Login incorrect. Dari pesannya saja sudah jelas bahwa ada masalah saat memasukkan username dan password. Coba cek kembali username dan password dengan teliti, jika masih bermaslah coba buat user baru untuk mengakses FTP. Solusi lainnya adalah dengan mengubah metode login dengan metode Anonymous yang tidak memerlukan username dan password. Pesan error Login Incorrect masih muncul sedangkan username dan password sudah benar. Masalah ini terjadi karena saat pembuatan user directory yang diarahkan salah. Misalnya saat membuat directory untuk FTP terletak pada /home/share sedangkan saat menambahkan user, syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /share/ ftp” yang mana syntax tersebut mengarahkan ke direktory share yang terletak pada root (/) sedangkan didalam root tidak ada directory share. Maka seharusnya syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /home/share/ ftp”. (Blogger, 2015)


Daftar Pustaka

Blogger, C. (2015, November 11). PEMECAHAN MASALAH LAYANAN FTP SERVER. Retrieved from PEMECAHAN MASALAH LAYANAN FTP SERVER: https://kadal31.blogspot.co.id/2016/11/pemecahan-masalah-layanan-ftp-server.html
Dani, S. R. (2011, November 11). Instalasi Dan Konfigurasi SSH dan SFTP. Retrieved from WELCOME: http://cladea4ever.blogspot.co.id/2011/10/instalasi-dan-konfigurasi-ssh-dan-sftp.html
Sugeng, M. (2013, Maret 1). Trivial File Transfer Protocol (TFTP). Retrieved from ContohdanFungsi: https://contohdanfungsi.blogspot.co.id/
Yuanda, O. K. (2015, September 3). INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP SERVER. Retrieved from Meja Belajar Okyuanda: http://mb-okyuanda.blogspot.co.id/2015/03/instalasi-dan-konfigurasi-ftp-server.html
Zakaria, M. (2016, Mei 15). Ketahui Pengertian FTP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya. Retrieved from NESABA MEDIA: http://www.nesabamedia.com/pengertian-ftp/


Biodata
Nama   :Nur Hanifah Y
Kelas   :XII TKJ 2

Sekolah: SMK Islam 1 Blitar

1 komentar:

  1. Even if free FTP software the cost to set it up and manage is too much. Binfer is all in one solution and there is no special setup. See http://www.binfer.com/solutions/tasks/ftp-alternative-or-replacement

    BalasHapus