Selasa, 10 Januari 2017

Pemecahan masalah layanan DNS server

Materi 20. Pemecahan masalah layanan DNS server

Review Pengenalan DNS server
DNS merupakan kependekan dari Domain Name System atau ada yang menyebut Domain Name Service (sama saja). DNS adalah sebuah sistem yang menerjemahkan alamat domain menjadi IP address.

DNS server adalah server yang dapat melayani permintaan dari client untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh sebuah domain.

DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. (4lrb, 2016)

Biasanya untuk menggunakan Server DNS, kita harus memasukan alamatnya dari server tersebut dalam pengaturan IP address di komputer kita.

cara kerja DNS (Domain Name System)
 DNS memerlukan beberapa program tambahan yaitu resolver. Resolver adalah program tambahan untuk komputer client agas bisa terhubung dengan DNS server.

Program Resolver yang digunakan adalah web browser atau mail client. sehingga untuk dapat mengakses DNS server user harus terlebih dahulu menginstall web browser atau mail client pada komputer mereka. 
 (Niko, 2016)
·                     DNS resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS. Jika alamat host yang dicari sudah ditemukan dan diberikan, maka proses selesai.
·                     DNS resolver melakukan pencarian pada data cache yang sudah dibuat oleh resolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya. Bila ada, kemudian disimpan dalam data cache lalu hasilnya diberikan dan selesai.
·                     DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yang telah ditentukan oleh pengguna.
·                     Server DNS ditugaskan untuk mencari nama domain pada cache-nya.
·                     Apabila nama domain yang dicari oleh server DNS tidak ditemukan, maka pencarian dilakukan dengan melihat file database (zones) yang dimiliki oleh server.

Konfigurasi DNS Server
Sebelum konfigurasi baiknya terlebih dahulu file atau folder apa saja yang akan di konfigurasi, file yang akan dikonfigurasi :
·                     named.conf.local
·                     db.veri [db.local]
·                     db.tkjb [db.local]
·                     db.192
·                     named.conf.options
·                     resolv.conf
Setelah mengatahui file yang akan di konfigurasi, mari kita lakukan konfigurasi / cara membuat dns server. Caranya sebagai berikut :

1. Masuk ke folder bind terlebih dahulu : cd /etc/bind


2. Edit file named.conf.local : nano named.conf.local  lalu isikan perintah seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah save Ctrl+X > Y > Enter


3. Copy db.local ke db.veri dan db.xitkjb serta db.127 ke db.192, dengan perintah


4. Edit file db.veri ketik : nano db.veri 
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


5. Edit file db.xitkjb ketik : nano db.xitkjb
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


6. Edit file db.192 : nano db.192
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


7. Edit file named.conf.options ketik : nano named.conf.options
Hapus slash //, dan 0.0.0.0 ganti menjadi IP Address anda, misal : 192.168.1.32 Setelah itu Save


8. Edit file resolv.conf ketik : nano /etc/resolv.conf 
Ubah dan tambahkan isi file tersebut seperti dibawah ini.


9. Restart Bind9 anda, ketik : /etc/init.d/bind9 restart


10. Pengujian DNS Server anda menggunakan perintah nslookup [nama domain]

 
(Radianta, 2015)



Inbound link 

Inbound link adalah link yang mengarah atau menuju ke blog/situs Anda dari situs eksternal atau link dari situs atau blog lain yang ditargetkan ke blog Anda. Inbound link ini juga dikenal sebagai Backlink, atau backlink adalah sinonim dari kata inbound link. (Ekaphrp88, 2016)

Outbound Link
 Outbound Link adalah sebaliknya yaitu link dari postingan kita atau homepage yang mengarah pada website orang lain. (ENTREPRENEUR, 2014)


 


Daftar Pustaka

4lrb. (2016, Mei 5). PENGERTIAN, FUNGSI, DAN MANFAAT DNS (DOMAIN NAME SYSTEM). Retrieved from 4 Learn Blog: https://4lrb.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-fungsi-dan-manfaat-dns.html
Ekaphrp88. (2016, April 29). Definisi Inbound dan Outbound. Retrieved from Untung Rahardja: http://untungrahardja.ilearning.me/2016/04/29/definisi-inbound-dan-outbound/
ENTREPRENEUR, K. (2014, Agustus 8). Pengertian inbond dan outbond link. Retrieved from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
Niko. (2016, Oktober 31). Pengertian dan Penjelasan Tentang DNS Server Lengkap. Retrieved from PintarKomputer: http://www.pintarkomputer.com/pengertian-dan-penjelasan-tentang-dns-server-lengkap/
Radianta, V. (2015, Mei 3). Tutorial Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian. Retrieved from BEGAL TECHNOLOGY: http://begal-tech.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-cara-membuat-konfigurasi-dns.html

Biodata

Nama: Nur Hanifah Yuliyani
Kelas: XII TKJ 2
Sekolah: SMK Islam 1 Blitar

No.Abs: 23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar