Selasa, 10 Januari 2017

Pemecahan masalah layanan web server

Materi 16.  Pemecahan masalah layanan web server

Pengertian HTTP
HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halaman dalam WWW atau World Wide Web. Sedangkan pengertian HTTP menurut kamus besar adalah protocol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, system informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW.
HTTP adalah protocol aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas TCP (transmission Control Protocol). Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptkan sebuah hubungan ke port tertentu di sebuah server webhosting tertentu. Umumnya port yang digunakan adalah port 80. Klien juga sering dikenal dengan user agent, sedangkan server yang meresponnya dan juga meyimpan sumberdaya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server.
Fungsi dan Cara Kerja HTTP
Cara kerja protocol ini yaitu untuk mengkomunikasikan satu dengan yang lainnya. Protokol adalah perintah yang harus diikuti oleh setiap computer untuk bias mengirim atau menerima pesan. Penggunaan protokol yang paling umum yaitu HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi dari HTTP itu sendiri adalah menetapkan bagaimana pesan atau data yang adadi format dan ditrasmisikan menjadi bentuk yang bias merespon browser untuk memunculkan data-data tersebut.(Hidayat, 2015)


Pengertian Web Server

Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi Server atau Web Server

Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. (Indonesia, 2015)

Cara Kerja Web Server.

1. Menerima permintaan (request) dari client, dan

2. Mengirimkan apa yang diminta oleh client (response). (Winter, 2014)

Konfigurasi Web Server Pada Linux Debian CLI

·         Setelah login pada salah satu user Debian, kita perlu login ke super user. Caranya ketikan perintah “su” kemudian masukan password root. 
·         Instalkan aplikasi apache2, mysql-server, phpmyadmin, dan php5 dengan mengetikan perintah #apt-get install apache2 mysql-server phpmyadmin php5 
·         Jika muncul pertanyaan yang meminta kita memilih yes atau no, ketik saya ”Y”. 
·         Lakukan penginstalan seperti pada aplikasi-aplikasi pada umunya. Tentukan password, dan pada web server reconfigure automatically pilih “Apache2” saja.
·         Pada pertanyaan “Configure database for phpmyadmin with dbconfig-common?”, pilih Yes.
·         Selanjutnya lakukan penginstalan sampai selesai. 
·         Pindah posisi ke direktori apache2/sites-enabled’. Ketikan perintah #cd /etc/apache2/sites-enabled
·         Salin isi file 000-default ke www. Ketikan perintah #cp 000-default www
·         Selanjutnya kita membuka file www yang baru kita buat dengan menggunakan jendela editor pico. Maka ketikan perintah #pico www
·         Ubah isi file www menjadi seperti tampilan berikut
·         Tambahkan NameVirtual Host dengan IP Address komputer anda dan diakhiri :80
·         Pada Vistual Host isi dengan IP Address komputer anda.
·         Lalu tambahkan ServerName dengan nama domain yang anda gunakan.
·         Untuk mengecek apakah domain yang telah kita buat telah dapat dilihat oleh komputer yang termasuk ke dalam jaringan komputer dengan menggunakan Web Browser, kita bisa menginstalkan salah satu Web Browser pada Debian yaitu Links dengan mengetikan perintah apt-get install links.
·         Lalu buka domain yang telah kita buat dengan aplikasi Web Browser Links ini dengan mengetikan perintah links www.smkn-2cms-27.sch.id (sesuaikan nama domain), ataulinks http://192.168.27.20 (sesuaikan IP Address). Maka jika berhasil tampilan pertama akan muncul tulisan “Its Work”
·         Lalu coba buka halaman web ini dengan komputer lain yang termasuk ke dalam jaringan.
Maka domain yang telah kita buat telah dapat dilihat oleh komputer yang termasuk ke dalam jaringan komputer dengan menggunakan Web Browser. (Brader, 2013)


Minor Service Failure (MSF)
Web server masih online, tetapi satu atau lebih jasa pendukung (seperti Imagistat, penagihan, Dokter HTML, alat administrasi, logging, tape backup, SCSI backup, dll) tidak bekerja dengan benar.

Secondary Service Failure (ISF)

halaman web yang dilayani, tetapi satu atau lebih layanan sekunder (seperti email, Real Audio, Secure Server, Ngobrol Server, DNS, dll) tidak bekerja dengan benar.

Primary Service Failure (PSF)
halaman web yang tidak dilayani, tapi beberapa layanan masih online, seperti ssh, ping, dll

Total Service Failure (TSF)
Mesin tidak menanggapi setiap jaringan atau konsol permintaan.

Gremlins
Koleksi longgar penyakit yang terjadi di luar mesin server, seperti listrik padam, kegagalan konektivitas jaringan, kegagalan DNS dan masalah routing (untuk beberapa nama). (Tongue, 2001)


Daftar Pustaka

Brader, R. (2013, Desember 12). Konfigurasi Web Server Pada Linux Debian CLI. Retrieved from Blog Regi Brader: http://www.regibrader.com/2013/12/konfigurasi-web-server-pada-linux.html
Hidayat, R. (2015, Desember 15). Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) . Retrieved from http://www.kitapunya.net/2015/12/pengertian-fungsi-http.html
Indonesia, P. C. (2015, Agustus 20). Pengertian Web Server dan Fungsinya. Retrieved from IDCloudHost: https://idcloudhost.com/pengertian-web-server-dan-fungsinya/
Tongue, T. (2001, Agustus 2). Classifying the problem. Retrieved from Procedures for Web Server Troubleshooting: http://www.thomastongue.com/Writing/Troubleshooting.html
Winter, O. (2014, Januari 13). BAGAIMANA CARA KERJA WEB SERVER. Retrieved from Bptw: http://opraywinter.blogspot.co.id/2013/08/bagaimana-cara-kerja-web-server.html



Biodata
Nama : Nur Hanifah Y
Kelas: XII TKJ 2

Sekolah : SMK Islam 1 Blitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar