Senin, 19 September 2016

23.NHanifahY.Materi 5. Pemecahan Masalah lapisan sesi jaringan LAN


Materi 5. Pemecahan Masalah lapisan sesi jaringan LAN
By: Nur Hanifah Yuliyani

Pengertian Domain Name System (DNS)
Merupakan sistem database yang terdistribusi yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP.
Fungsi Utama Sistem DNS
1.      Menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.
2.      Memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet. DNS memiliki keunggulan seperti:
·         Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
·         Konsisten, IP address sebuah komputer boleh berubah tapi host name tidak berubah. Contoh:
– unsri.ac.id mempunyai IP 222.124.194.11, kemudian terjadi perubahan menjadi 222.124.194.25, maka disisi client seolah-olah tidak pernah ada kejadian bahwa telah terjadi perubahan IP.

– Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.

Konsep dan Hirarki DNS

DNS adalah suatu bentuk database yang terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap suatu data akan segera diteruskan ke seluruh jaringan (internet) dengan menggunakan skema client-server. Suatu program yang dinamakan name server, mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya. (Habibahmadpurba, 2015)

NetBIOS

NetBIOS Adalah suatu antarmuka (interface) dan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM.
NetBIOS (singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: Network Basic Input/Output System) adalah sebuah spesifikasi yang dibuat oleh International Business Machine (sebenarnya dibuat oleh Sytek Inc. untuk IBM) dan Microsoft yang mengizinkan aplikasi-aplikasi terdistribusi agar dapat saling mengakses layanan jaringan, tanpa memperhatikan protokol transport yang digunakan.
NetBIOS melayani 3 fungsi jaringan yaitu sebagai berikut,

● Naming Services

Dipergunakan untuk menyebarkan nama group, user dan komputer ke jaringan. Ia juga bertugas untuk memastikan agar tidak terjadi duplikasi nama.

● DataGram Support

Menyediakan transmisi tanpa koneksi yang tidak menjamin suksesnya pengiriman paket, besarnya tidak lebih besar dari 512 bytes. Metode datagram ini digunakan oleh naming services.
● Session Support

Memungkinkan transmisi dimana sebuah virtual circuit session diadakan sedemikian rupa sehingga pengiriman paket dapat dipantau dan dikenali.
(Azizizzu, 2011)

Layanan NetBIOS (NetBIOS Services)

NetBIOS menawarkan tiga buah layanan NetBIOS, yakni sebagai berikut:
·         NetBIOS Name service: merupakan layanan yang digunakan untuk melakukan registrasi dan resolusi nama NetBIOS.
·         NetBIOS Session service: merupakan layanan yang digunakan untuk membuat sesi koneksi yang berbasis connection-oriented.
·         NetBIOS Datagram distribution service: merupakan layanan yang digunakan untuk menyampaikan datagram secara connectionless.

NetBIOS Name Service

Perintah-perintah yang dimiliki oleh layanan ini antara lain:
·         Add Name: malakukan registrasi terhadap sebuah nama NetBIOS.
·         Add Group Name: melakukan registrasi terhadap sebuah nama group NetBIOS.
·         Delete Name: melakukan penggagalan registrasi nama terhadap sebuah nama NetBIOS atau nama group NetBIOS yang telah teregistrasi terlebih dahulu.
·         Find Name: mencari sebuah nama NetBIOS di dalam jaringan.

NetBIOS Session Service

Perintah-perintah yang terdapat di dalam layanan ini antara lain:
·         Call: membuka sebuah sesi koneksi ke sebuah nama NetBIOS yang terdapat di dalam komputer di dalam jaringan.
·         Listen: mendengarkan jaringan untuk mencari apakah terdapat percobaan untuk membuka sebuah sesi koneksi terhadap sebuah nama NetBIOS.
·         Hang Up: menutup sebuah sesi koneksi.
·         Send: mengirimkan sebuah paket ke komputer yang diajak "bercakap-cakap" dalam sesi koneksi yang bersangkutan.
·         Send No Ack: mengirimkan sebuah paket ke komputer yang diajak bercakap-cakap, seperti halnya perintah Send dengan satu perbedaan yakni perintah ini tidak membutuhkan acknowledgment.
·         Receive: menunggu kedatangan sebuah paket yang dikirimkan oleh komputer yang mengirimkan paket dengan menggunakan perintah Send atau Send No Ack.

NetBIOS Datagram Distribution Service

Layanan ini memiliki beberapa perintah, yakni sebagai berikut:
·         Send Datagram: mengirimkan sebuah datagram ke sebuah nama NetBIOS yang terdapat pada komputer jarak jauh.
·         Send Broadcast Datagram: mengirimkan datagram ke semua nama NetBIOS yang terdapat di dalam jaringan yang sama.
·         Receive Datagram: menunggu kedatangan sebuah paket yang dikirimkan dengan menggunakan perintah Send Datagram dari komputer lain.
·         Receive Broadcast Datagram: menunggu kedatangan sebuah paket yang dikirimkan dengan menggunakan perintah Send Broadcast Datagram dari komputer lain. (Wikipedia, NetBIOS, 2012)

Gateway
·         Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringankomputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasiyang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama. (Riski, 2012)

Protokol Session Later 
Ø  Names pipe
merupakan komunikasi sekuensial antar proses yang saling terelasi, namun pipe memiliki kelemahan yaitu hanya bisa digunakan untuk komunikasi antar proses yang saling berhubungan, dan komunikasinya yang dilakukan adalah secara sekuensial. Urutan informasi yang ada dalam sebuah pipe ada yang mirip dengan antrian queue. Jika komunikasi yang diinginkan adalah komunikasi dua arah maka kita harus membuat dua pipe, karena sebuah pipe hanya bisa digunakan untuk komunikasi satu arah saja. 
     Ada 2 jenis pipe, yaitu Named Pipe
 dan Unnamed Pipe. Namun metode pipe yang sering digunakan adalah named pipe. Keuntungan named pipe adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan dua proses yang dimulai secara independent, dimana salah satu proses tidak fork off sebuah proses baru. (Demsyos, 2013)

Ø Maul Slots
Adalah mekanisme komunikasi antar satu arah , yang tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows, yang memungkinkan komunikasi antara proses baik lokal dan melalui jaringan . Penggunaan Mailslots umumnya lebih sederhana dari pipa bernama atau soket ketika sejumlah relatif kecil dari pesan yang relatif singkat diharapkan untuk ditransmisikan , seperti misalnya pesan negara - perubahan jarang, atau sebagai bagian dari protokol peer- penemuan . Mekanisme mailslot memungkinkan untuk siaran pesan singkat ( " datagram " ) untuk semua komputer mendengarkan seluruh domain jaringan. (Wikipedia, Mail Slot, 2012)
Ø RPC
Remote Procedure Call (RPC) adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah prosedur yang berada di komputer lain. Untuk dapat melakukan ini sebuah server harus menyediakan layanan remote procedure. Pendekatan yang dilakuan adalah sebuah server membuka socket, lalu menunggu client yang meminta prosedur yang disediakan oleh server. (setiawan, 2013)RPC mengasumsi keberadaan dari low-level protokol transportasi seperti TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam komunikasi suatu program. (Xceaster, 2009)



 

Daftar Pustaka

Azizizzu. (2011, Februari 8). NetBIOS. Retrieved from Teknik Komputer Dan Jaringan: http://azizizzu.blogspot.co.id/2011/02/netbios.html
Demsyos. (2013, April 3). IPC-> Pipe. Retrieved from Demsy Operating System: http://demsyos.blogspot.co.id/2014/11/ipc-pipe.html
Habibahmadpurba. (2015, Juli 5). Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server. Retrieved from Berbagi dengan menuliskannya: https://habibahmadpurba.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-dan-fungsi-domain-name-system-dns-server/
Riski, D. (2012, Juli 2). PENGERTIAN GATEWAY DAN KONSEP KERJANYA. Retrieved from TKJ Community: http://daristkj.blogspot.co.id/2012/07/pengertian-gateway-dan-konsep-kerjanya.html
Wikipedia. (2012, September 2). Mail Slot. Retrieved from Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/MailSlot
Wikipedia. (2012, Desember 2). NetBIOS. Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/NetBIOS
Xceaster. (2009, Juni 10). Retrieved from https://xceaster.files.wordpress.com/2009/07/remote-procedure-call.pdf

 


Biodata
Nama: Nur Hanifah Yuliyani
Kelas/no: XII TKJ 2/23
Sekolah: SMK ISLAM 1 BLITAR
sss








Tidak ada komentar:

Posting Komentar