Selasa, 20 September 2016

23.Materi 6.Pemecahan masalah lapisan presentasi jaringan LAN

Materi 6. Pemecahan masalah lapisan presentasi jaringan LAN
By: Nur Hanifah Yuliyani

Lapisan Presentasi adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi data, kompresi data, konversi set karakter (ASCII,Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya.(Febrianto, 2014)

Fungsi
Pressentation layer melakukan fungsi-fungsi tertentu yang diminta untuk menjamin penemuan sebuahpenyelesaian umum bagi masalah tertentu. Pressentation Layer tidak mengijinkan pengguna untuk menyelesaikan sendiri suatu masalah. Tidak seperti layer-layer di bawahnya yang hanya melakukan pemindahan bit dari satu tempat ke tempat lainnya. Presentation layer memperhatikan syntax dan semantik informasi yang dikirimkan. atau contoh layanan pressentation adalah encoding data.

Secara umum fungsi dari presentation layer adalah:
a. Enkripsi dan dekripsi dari suatu pesan untuk alasan keamanan.
b. Kompresi dan dekrompresi suatu pesan sehingga dapat dikirimkan pada jaringan secara efisien.
c. Memformat grafis
d. Melakukan translasi konten
e. Melakukan translasi yang sifatnya spesifik terhadap suatu sistem tertentu.
f. Bagaimana data dipresentasikan.
g. Menyajikan data.
h. Sebagai layanan penterjemah.
i. Menentukan tipe data (gambar, audio, video, atau teks), enkripsi (ASCII atau EBCDIC), dan ekstensi file agar file siap ditampilkan di layer aplikasi.(Septiana, 2013)


Protokol yang ada pada presentation layer
Ada beberapa protokol yang berjalan pada presentation layer ini, yaitu:
VTP
Protokol yang pertama adalah protokol VTP. VTP ini sendiri merupaka kependekan dari Virtual terminal protocol. Protocol VTP ini memiliki fungsi untuk membuat dan jug amemlihara struktur data, serta melakukan proses translating atau penterjemahan dari terminal menjadi bentuk standar yang umum digunakan.
SMTP
SMTP merupakan protocol berikutnya yang bekerja pada presentation layer. SMTP merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protokol. Protokol SMTP ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk proses pertkaran email, baik email masuk dan juga email keluar yang melewati server email. Dengan begitu, SMTP akan membantu user dalam mengakses email. (baca juga: Pengertian SMTP dan cara kerjanya)
SNMP
SNMP merupakan kependekan dari Simple Network Management Protocol. SNMP ini merupakan protocol yang berfungsi untuk melakukan proses manajemen dan juga proses pengaturan pada sebuah jaringan. Dengan menggunakan protocol ini, maka sebuah jaringan bisa diatur dan juga dimanage dengan baik.
RPC
RPC merupakan kependekan dari Remote Procedure Call, yang merupakan protocol yang berfungsi sebagai pemanggilan jarak jauh pada proses komunikasi di dalam jaringan.(S.Kom, 2016)

      Abstrak Sintak Notasi 1. (ASN)
Abstrak sintaks notasi satu (lebih dikenal sebagai ASN.1) adalah bahasa untuk menentukan standar tanpa penerapan. Ini adalah bahasa penulis standar. ASN.1 memfasilitasi komunikasi antara profesional dan Komite dengan menawarkan bahasa umum untuk menggambarkan standar. ASN.1 ditetapkan di X.209 Rekomendasi ITU-T dan X.690.
Sebagai contoh, ASN.1 mendefinisikan:
·         "Jenis apa" adalah.
·         Apa "modul" dan harus tampilan.
·         Apa adalah bilangan bulat.
·         Apa yang BOOLEAN.
·         Adalah "terstruktur jenis".
·         Kata kunci tertentu maksud (untuk contoh, mulai, akhir, impor, ekspor, eksternal, dan sebagainya).
·         Cara "tag" jenis sehingga dapat dengan benar dikodekan.
ASN.1 memiliki tanpa memperhatikan standar apapun khusus, metode pengkodean, pemrograman bahasa, atau platform perangkat keras. Ini hanya bahasa simpel untuk menentukan standar. (Husen'tz, 2015)


Pengertian X-WINDOW
X-WINDOW atau sering disebut dengan X WINDOW SYSTEM adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat input dan jaringan komputer.(Sabil, 2013)
X Window System adalah lingkungan grafik yang kompleks untuk sistem UNIX . X Window System pada mulanya dikembangkan di MIT. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1984. Sekarang, hampir seluruh workstation UNIX di dunia menggunakan varian X Window System untuk sistem GUI (Graphical User Interface).(Rizaldy, 2013)



Daftar Pustaka

Febrianto, D. (2014, Maret 12). Pengertian PRESENTATION LAYER. Dipetik September 21, 2016, dari Selamat Datang Selamat Membaca: http://dwifebriantoadmojo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-presentation-layer.html
Husen'tz, M. (2015, SEPTEMBER 07 ). Materi Troubleshooting Kelas XII. Diambil kembali dari Berbagi Ilmu: http://muhammadhusent.blogspot.co.id/2015/09/materi-troubleshooting-kelas-xii.html
Rizaldy, R. (2013, April 4). Mengenal X Window System. Diambil kembali dari RENDTKJ2: https://magneticinfo.blogspot.co.id/2013/04/mengenal-x-window-system.html
S.Kom, D. (2016, September 21). 6 Fungsi Presentation Layer Jaringan Komputer. Dipetik September 21, 2016, dari DosenIT.com: http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/fungsi-presentation-layer-jaringan-komputer
Sabil, K. (2013, Oktober 1). pengertian X-WINDOW. Diambil kembali dari Tugas-tugas kuliah: http://sabilkhusna.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-x-window.html
Septiana, I. (2013, Desember 3). OSI Presentation Layer. Dipetik September 21, 2016, dari Distance Learning (E-Learning): http://e-learning-teknologi.blogspot.co.id/2012/12/osi-presentation-layer.html





Biodata
14099511_1101500616595467_899200030_n.jpg
Nama : Nur Hanifah Yuliyani
Kelas : XII TKJ 2
No.Abs : 23
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar